Singkawang post authorKiwi 17 Oktober 2020 686

Total 78 Orang Terkonfirmasi Covid-19 di Singkawang, Tujuh Pasien Dinyatakan Sembuh

Photo of Total 78 Orang Terkonfirmasi Covid-19 di Singkawang, Tujuh Pasien Dinyatakan Sembuh Rsud Abdul Aziz

SINGKAWANG, SP - Kota Singkawang kembali mencatat penambahan delapan kasus terkonfirmasi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Sehingga total pasien positif Covid-19 di Kota Singkawang sebanyak 78 orang.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan Metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Rumah Sakit Untan pada Kamis (15/10) ada delapan tambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Singkawang," kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Singkawang, Barita P Ompudunggu, Jumat (16/10).

Delapan kasus positif Covid-19 ini terdiri dari perempuan usia 53 tahun asal Kelurahan Condong Singkawang Tengah, laki-laki usia 54 tahun asal Kelurahan Sungai Garam Hilir Singkawang Utara, laki-laki usia 43 tahun asal Kelurahan Pasiran Singkawang Barat perempuan usia 32 tahun asal Kelurahan Jawa Singkawang Tengah.

Kemudian, perempuan usia 45 tahun asal Kelurahan Sungai Wie Singkawang Tengah, laki-laki usia 63 tahun asal Kelurahan Pasiran Singkawang Barat, laki-laki usia 54 tahun asal Kelurahan Condong Singkawang Tengah, dan laki-laki usia 43 tahun asal Kelurahan Pasiran Singkawang Barat.

Selain itu, terdapat 7 pasien terkonfirmasi yang dinyatakan sembuh berdasarkan KMK RI Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, satu diantaranya berasal dari luar Kota Singkawang.

"Tujuh orang ini, antaralain, laki-laki usia 56 tahun asal Kelurahan Roban Singkawang Tengah, perempuan usia 64 tahun asal Kelurahan Bukit Batu Singkawang Tengah, perempuan usia 16 tahun asal Kelurahan Pasiran Singkawang Barat dan perempuan usia 38 tahun asal Kelurahan Sekip Lama Singkawang Tengah," ujarnya.

Kemudian, ada penambahan suspek sebanyak 3 orang, dimana satu diantaranya berasal dari luar Kota Singkawang, dan suspek dinyatakan negatif ada 3 orang berasal dari Kota Singkawang.

"Dari total pasien yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 78 orang, 7 orang dirawat, dan suspek dirawat sebanyak 12 orang, yang mana dua diantaranya berasal dari luar Singkawang," ungkapnya.

Terhadap penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kota Singkawang akan segera melakukan tracing kepada keluarga dan orang yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi.

"Kembali kami mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk disiplin dan patuh menjalankan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan dan keramaian," jelasnya.

Barita menambahkan, hingga Senin (12/10) tingkat risiko Covid-19 di Kota Singkawang masih dalam kategori Zona Orange.

“Singkawang masih dalam kategori Zona Orange yang artinya berisiko sedang. Artinya, hingga memasuki minggu kelima Singkawang masih dalam kategori Zona Orange,” kata Barita.

Dia mengatakan, kategori zona ini atas penilaian dari Bersatu Lawan Covid-19 (BLC) Gugus Tugas Covid-19 Nasional yang disampaikan pada tanggal 12 Oktober 2020.

Selain Kota Singkawang, lanjut Barita, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Bengkayang, Kota Pontianak, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Melawi, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Landak dan Kabupaten Mempawah juga masuk dalam kategori Zona Orange.

Untuk Zona Kuning terdiri dari Kabupaten Sambas, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Ketapang.

“Zona Kuning artinya dengan risiko rendah,” ujarnya.

Melihat perkembangan kasus Covid-19 di Singkawang semakin meningkat, Barita mengingatkan, agar tetap disiplin dan patuh dengan protokol kesehatan.

“Tetap menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ungkapnya.

Patuhi Protokol Kesehatan

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengimbau masyarakat maupun pengunjung yang datang ke Kota Singkawang agar mematuhi protokol kesehatan.

"Karena saat ini Kota Singkawang yang sebelumnya Zona Hijau sudah Zona Orange," katanya.

Pemkot Singkawang sekarang sedang berjuang, agar Singkawang bisa kembali ke Zona Hijau.

"Bantulah kami untuk sama-sama berjuang, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Singkawang," pintanya.

Pelaku usaha juga diharapkan bisa mematuhi protokol kesehatan. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Singkawang akan terus melakukan razia secara rutin, dan akan dikenakan sanksi apabila masih ditemukan ada yang melakukan pelanggaran.

"Supaya perekonomian di Singkawang bisa berjalan dengan tetap saling menjaga kesehatan masing-masing," ucapnya.

Tujuan digelar razia untuk menekan angka kenaikan terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Singkawang.

"Kesadaran masyarakatlah yang paling penting," jelasnya.(rud/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda