Singkawang post authorBob 17 Juni 2021

Kasdam XII/Tpr Pimpin Sidang Parade Seleksi Komponen Cadangan

Photo of Kasdam XII/Tpr Pimpin Sidang Parade Seleksi Komponen Cadangan Kasdam XII/Tpr Pimpin Sidang Parade Seleksi Komcad

SINGKAWANG, SP - Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., memimpin Sidang Parade dalam rangka Seleksi Komponen Cadangan (Komcad) di Wilayah Kodam XII/Tpr TA 2021, bertempat di Aula Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, Kota Singkawang.

Sidang Parade kali ini diikuti oleh sebanyak 184 warga di wilayah Kodam XII/Tpr yang secara sukarela ingin menjadi Komcad. Mereka yang dinyatakan lulus seleksi nantinya berhak untuk mengikuti Latihan Dasar Militer (Latsarmil) selama tiga bulan.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama mengatakan, untuk menghadapi perkembangan ancaman yang makin beragam, Indonesia perlu menata kembali kekuatannya. Dalam konteks pertahanan negara, permasalahan ini tidak cukup ditangani hanya dari aspek kekuatan utama militer saja, namun setidaknya ada tiga pilar yang harus saling terkait yaitu pemerintah, rakyat dan militer.

"Oleh karena itu, Kodam XII/Tpr sebagai bagian dari kekuatan TNI AD berperan dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Kementerian Pertahanan, yaitu dengan menyiapkan penambahan personel cadangan TNI AD yang profesional dan unggul di masa depan, melalui kampanye pendekatan dengan masyarakat sekitar, rekrutmen calon Komponen Cadangan dari sumber-sumber terbaik." ujar Kasdam membacakan amanat Pangdam XII/Tpr.

Kasdam menyampaikan, kegiatan rekrutmen ini bertujuan untuk menambah personel dan kekuatan TNI AD dalam kinerja organisasi Kodam XII/Tpr melalui penyediaan seleksi dengan prioritas rekrutmen yang bersumber dari SDM dengan memiliki pengetahuan akademis dan keahlian yang dibutuhkan guna mendukung program Kementerian Pertahanan di Matra Darat.

Disampaikan juga oleh Kasdam, komponen cadangan adalah warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida.

"Harapan kita bersama, semoga melalui rekrutmen Komcad ini dapat terpeliharanya integritas wilayah NKRI serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia guna mewujudkan organisasi TNI AD sebagai organisasi pemersatu Bangsa," harap Brigjen TNI Djaka Budhi Utama. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda