Singkawang post authorKiwi 18 November 2020 6,375

Sebanyak 260 Calon Bintara Angkatan Pertama SPN Polda Kalbar Jalani Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Photo of Sebanyak 260 Calon Bintara Angkatan Pertama SPN Polda Kalbar Jalani Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19 PENDIDIKAN BINTARA - Kegiatan Pembukaan Pembentukan Pendidikan Bintara Polri TA 2020/2021 di SPN Polda Kalbar, Jalan Chak Long Kong, Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Selasa (17/11). 

SINGKAWANG, SP – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto memimpin Upacara Pembukaan Pembentukan Pendidikan Bintara Polri TA. 2020/2021, Selasa (17/11). Upacara ini menandai angkatan pertama Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar di Jalan Chak Long Kong, Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan.

Turut dihadiri Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan para kepala daerah dari 14 kabupaten/kota di Kalbar, upacara ini diawali dengan kegiatan penanaman pohon bersama di sekitar SPN Polda Kalbar.

Saat membacakan sambutan Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis, Kapolda Kalbar mengucapkan selamat kepada 260 Calon Bintara SPN Polda Kalbar.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari perjuangan saudara yang disertai dengan doa dan dukungan orangtua dan keluarga, serta berkah dan karunia Tuhan YME," katanya.

Oleh karena itu, wujudkan rasa syukur melalui komitmen untuk melaksanakan pendidikan dengan penuh semangat, kesungguhan dan integritas yang tinggi.

"Kita ketahui bersama, bahwa Program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2020/2021 ini dilaksanakan dalam situasi pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)," ujarnya.

Berkaitan dengan situasi tersebut, maka diperlukan perhatian khusus dan seksama dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Efektivitas proses pendidikan, kata Kapolda, harus memenuhi standar yang telah ditetapkan dengan menerapkan prinsip pendidikan yang sehat, efektif dan berkualitas.

"Aspek kesehatan tetap menjadi prioritas utama untuk menjamin proses pendidikan agar berjalan dengan baik. Sehingga dapat mewujudkan sumber daya manusia, khususnya Polri yang berkualitas, unggul dan budi pekerti luhur," ungkapnya.

Kapolda menegaskan, dengan jumlah mencapai 80 persen dari jumlah total anggota Polri, Bintara Polri menjadi etalase institusi di mata publik.

"Sekali lagi saya tekankan, bahwa calon Bhayangkara Siswa nantinya akan menjadi tulang punggung pelaksanaan tugas Polri, yang langsung bersentuhan dengan masyarakat," tegasnya.

Oleh karena itu, gerakan melalui pendidikan ini dapat mencetak anggota Polri yang siap kerja dan beroperasional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji juga mengucapkan selamat kepada Bintara Polri yang baru, karena sejak kemarin sudah mulai menempati kampus yang baru.

"Meskipun pembangunannya masih belum selesai semua. Tapi kampus ini bisa menjadikan kebanggaan masyarakat Kalbar," ucapnya.

Menurutnya, Bintara Polri kali ini adalah Bintara keluaran pertama dari Kampus SPN Kalbar yang sangat alami, karena lingkungan sekitarnya masih hijau.

"Selain itu tantangannya juga sangat berat, terutama pada air bersih dan jauh dari pusat keramaian, serta Barak Dalmas-nya masih ada yang kurang. Namun kami (seluruh bupati/wali kota se-Kalbar) berkomitmen untuk mempercepat penyelesaian, sesuai dengan tanggungjawabnya masing-masing," ujarnya.

Sutarmidji bersama bupati/wali kota yang ada di Kalbar merasa bangga, karena Kalbar sudah mempunyai SPN yang nantinya mungkin bisa menjadi tempat pilihan bagi orang-orang yang akan berkunjung ke Kota Singkawang.

"Sehingga pengembangan suatu wilayah tentu bisa cepat, karena sudah ada SPN di Singkawang," ungkapnya.

Apalagi di sepanjang jalan masuk SPN akan dilakukan pembangunan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar SPN.

"Saya juga berpesan kepada Calon Bintara Polri, bahwa kalian berasal dari Kalbar. Maka harus saling memahami, sehingga dalam menghadapi tugas-tugas kalian bisa berjalan dengan baik," pesannya.

Segera Bangun Jalan Masuk

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengucapkan selamat dengan sudah dibukanya Pembentukan Pendidikan Bintara Polri TA. 2020/2021 di SPN Polda Kalbar.

"Saya selaku tuan rumah tentu sangat berterima kasih kepada bapak Kapolda dan Gubernur Kalbar, serta Bupati/Wali Kota se-Kalbar yang sudah ikut berpartisipasi dalam pembangunan SPN Polda Kalbar di Singkawang," katanya.

Dia berharap, anak-anak Singkawang harus bisa ikut sekolah di SPN dan bisa mendapat prestasi yang terbaik, dengan catatan bersekolah dengan sungguh-sungguh membawa nama baik untuk keluarga dan masyarakat Kota Singkawang.

"Mengingat pembangunannya masih belum selesai, maka kami semua (bupati/wali kota) harus berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunannya di tahun 2021," ujarnya.

Dia berharap, pembangunan SPN Polda Kalbar di Singkawang bisa sempurna sebagai tempat Pendidikan Polisi Negara di Kota Singkawang.

Sementara multiplier effect yang bisa didapatkan dari pembangunan SPN Polda Kalbar di Singkawang, kata Wali Kota, tentu sangat banyak, diantaranya, menjadi sebuah promosi bagi Kota Singkawang. Kota Singkawang sebagai tuan rumah tentu akan mengambil peluang tersebut, terutama pada bagian infrastruktur jalan.

"Saya sudah sampaikan kepada Kadis PUPR Singkawang untuk bisa membantu Gubernur dalam upaya pembangunan jalan masuk ke SPN sepanjang 7 kilometer. Hal ini juga sudah saya sampaikan kepada DPRD Provinsi, agar pembangunannya bisa dimulai ditahun 2021. Untuk anggarannya bisa kita sharing, misalnya dari Pemkot Singkawang apa saja dan dari Pemprov apa saja," ungkapnya.

Inilah yang akan pihaknya kembangkan untuk Kota Singkawang, khususnya di Kecamatan Singkawang Selatan. Apalagi SPN berdekatan dengan pembangunan Bandara Singkawang.(rud/yun)

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda