Singkawang post authorKiwi 18 September 2023

Disperindag Singkawang Bentuk Timsus, Awasi Peredaran Daging Beku Ilegal

Photo of Disperindag Singkawang Bentuk Timsus, Awasi Peredaran Daging Beku Ilegal Kadis Perindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin

SINGKAWANG,SP - Dinas Perindagkop dan UKM Singkawang akan membentuk tim khusus (timsus) menyusul maraknya peredaran daging beku yang diduga masuk secara ilegal dan dijual secara online beberapa waktu lalu.

"Hal itu dikarenakan masuknya diduga telah menyalahi aturan yang ada," kata Kepala Disperindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin, Senin (18/9).

Terkait dengan temuan ini, sudah pihaknya sampaikan ke Pemprov maupun Satgas Pangan di tibgkat provinsi untuk dapat ditindaklanjuti.

Sementara timsus yang pihaknya bentuk akan memanfaatkan sumber daya yang ada dan akan di backup oleh PPNS.

"Terkait dengan ini sedang kita rancang mengenai hal-hal apa saja yang akan kita tindaklanjuti di lapangan jika mendapati temuan tersebut," ujarnya.

Dia berharap, pengawasan yang bersifat ilegal bukan hanya menjadi tanggungjawab Pemkot saja, tapi juga steakholder yang ada.

"Steakholder ini melibatkan institusi atau institusi yang berkaitan dengan peredaran barang masuk maupun keluar," ungkapnya.

Menurutnya, timsus yang dibentuk akan terus bergerak untuk mengawasi semua barang yang masuknya secara ilegal di Kota Singkawang.

"Saya berharap tugas ini adalah tugas negara dalam hal ini Pemkot Singkawang yang hadir dalam kerangka untuk menertibkan barang-barang ilegal melalui pengawasan," jelasnya.

Jika memang nantinya ditemukan, maka sample daging yang diduga ilegal tersebut akan pihaknya bawa ke BBPOM Pontianak guna memastikan apakah daging beku tersebut layak untuk di konsumsi atau tidak.

"Karena kita khawatir, barangnya sudah masuk secara ilegal di Kota Singkawang ternyata daging tersebut juga tidak layak.di konsumsi. Ini yang kita khawatirkan, jangan sampai ada masyarakat Singkawang yang dirugikan dalam hal ini," katanya. (rud)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda