Singkawang post authorKiwi 20 November 2020 7,317

Tjhai Chui Mie: 100 Juta Orang Jatuh Miskin karena Berobat Mahal

Photo of Tjhai Chui Mie: 100 Juta Orang Jatuh Miskin karena Berobat Mahal Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie

SINGKAWANG, SP – Biaya pengobatan yang mahal dan berjangka panjang memaksa 100 juta orang jatuh dalam kemiskinan setiap tahun. Begitu  diungkapkan Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie ketika membuka Seminar Peduli Penyakit Tidak Menular (PTM) di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (18/11).

“Biaya kesehatan untuk mengobati penyakit tidak menular sangat menguras biaya. Sehingga mendorong masyarakat ke dalam kemiskinan,” ungkapnya.

Wali Kota menyambut baik dilaksanakannya seminar, karena dapat menyampaikan informasi yang seluas-luasnya terkait upaya promotif dan preventif mengenai PTM. Dia mengatakan, PTM merupakan penyakit non infeksi yang penyebabnya bukan mikroorganisme.

“Biasanya penyakit ini terjadi karena pola hidup yang kurang sehat, seperti merokok, penyakit bawaan, cacat fisik, penuaan/usia dan gangguan kejiwaan,” ujarnya.

Pengetahuan tentang PTM sangat perlu diketahui dan dipahami. Hal ini dapat berguna untuk meminimalisir terkena PTM. Tjhai Chui Mie sebagian penelitian menyebutkan, bahwa orang yang mulai terkena PTM tidak merasakan adanya gejala.

“Sehingga banyak orang yang baru menyadari ketika PTM sudah dalam keadaan parah,” jelasnya.

Tjhai Chui Mie menyebutkan, hal yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya PTM adalah rutin untuk mengecek kesehatan secara minimal. “Minimal mengukur tensi darah, menghindari asap rokok, melakukan aktivitas fisik olahraga, diet sehat, hindari stress dan istirahat yang cukup,” ujarnya.

Dia berharap, seminar ini dapat menghasilkan kesepakatan tindak lanjut untuk pengendalian penyakit tidak menular di Kota Singkawang.

"Sehingga masyarakat Kota Singkawang dapat tumbuh produktif dalam mewujudkan Singkawang Hebat,” katanya.(rud/yun)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda