Singkawang post authorKiwi 21 Januari 2021 122

Komitmen Memberikan Layanan Cepat, Tepat dan Nyaman, Ombudsman Kalbar Tinjau MPP Singkawang

Photo of Komitmen Memberikan Layanan Cepat, Tepat dan Nyaman, Ombudsman Kalbar Tinjau MPP Singkawang TINJAU - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar, Agus Priyadi didampingi Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Singkawang, Asmadi meninjau Mall Pelayanan Publik di Singkawang Grand Mall, Rabu (20/1)

SINGKAWANG, SP – Hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP) bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Termasuk, kesiapan petugas menghadapi komplain ketika ada masyarakat merasa tidak puas terhadap pelayanan publik. Apresiasi disampaikan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang.

Rabu (20/1), Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalbar, Agus Priyadi meninjau Mall Pelayanan Publik yang terletak di Singkawang Grand Mall. Turut mendampingi Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Singkawang, Asmadi.

Disela-sela kunjungannya, Agus Priyadi mengapresiasi kinerj Pemkot Singkawang, karena hadirnya MPP bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Grafiknya sangat luar biasa, dan tadi saya sudah cek kesiapan petugasnya seperti apa, termasuklah cara internal komplainnya bagaimana, ketika ada masyarakat merasa tidak puas dengan pelayanan," kata Agus.

Ternyata, dari layanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sudah menyiapkan nomor aduan dan standby selama 24 jam. Mereka juga sudah menyiapkan jawabannya. Bahkan, apabila ada masalah di jaringan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), mereka juga sudah ada link-nya.

Demikian pula pada pelayanan Kantor Imigrasi, lanjut Agus, sudah ada sistem yang dibangun apabila ada hal-hal yang berkenaan dengan Keimigrasian.

"Bahkan permasalahan yang kompleks juga, masyarakat akan diarahkan ke Kantor Imigrasi, sehingga penyelesaiannya bisa lebih cepat," ujarnya.

Meski masyarakat yang datang meminta layanan di MPP masih terbilang minim, namun inovasi yang dilakukan Wali Kota Singkawang beserta jajaran sangat luar biasa. 

"Kalau bisa Mall Pelayanan Publik di Singkawang bisa ditiru oleh kabupaten/kota yang ada di Kalbar, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengucapkan terima kasih kepada Kepala Ombudsman Kalbar yang bersedia datang untuk melihat MPP di Singkawang.

"Apapun saran dan masukan dari beliau akan kita upayakan, jika memang masih ada kekurangan-kekurangan," katanya.

Karena hadirnya MPP menunjukkan, bahwa Pemkot Singkawang berkomitmen untuk memberikan pelayanan publik ke masyarakat yang cepat, tepat dan nyaman.

"Sementara ini pelayanan yang diberikan ke masyarakat sudah cukup bagus. Meski demikian akan terus kita tingkatkan," ujarnya.

Bahkan, Wali Kota juga meminta saran dan masukan dari masyarakat, apa saja yang masih menjadi keluhan masyarakat, terutama dalam mengurus perizinan, segera sampaikan ke dinas terkait supaya bisa diperbaiki, sehingga kedepannya bisa lebih enak.

Cepat Terlayani

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Singkawang, Asmadi mengatakan, keberadaan MPP akan membuat masyarakat lebih cepat terlayani dan lebih puas.

"Apa yang Pemkot Singkawang lakukan, merupakan perwujudan kita dalam reformasi birokrasi, yang mana selalu menjadi keluhan masyarakat, mungkin bisa dijawab dengan sudah diresmikannya Mall Pelayanan Publik," katanya.

Maka dari itu, dia sangat mengharapkan kerjasama semua pihak dalam mengawal apa yang sudah Pemkot Singkawang lakukan.

"Jika ada saran dan kritikan untuk kebaikan kedepan, silakan untuk disampaikan. Sehingga kehadiran Mall Pelayanan Publik ini bisa betul-betul berarti untuk masyarakat Kota Singkawang," ujarnya.

Diketahui, sebanyak 14 instansi vertikal telah hadir di MPP, antaralain DPMTK, Disdukcapil, Kemenag Singkawang, BPN Singkawang , BPJS Kesehatan Cabang Singkawang, BPJS Ketenagakerjaan, Pengadilan Negeri Singkawang.

Kemudian, KPP Pratama Singkawang, Samsat Singkawang, Polres Singkawang, Imigrasi Singkawang, BKD Singkawang, Bank Kalbar Cabang Singkawang, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Singkawang.(rud/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda