Singkawang post authorKiwi 24 Juni 2020

Gugus Tugas Covid Rapid Test Ribuan Warga Singkawang

Photo of Gugus Tugas Covid Rapid Test Ribuan Warga Singkawang RAPID TEST - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Singkawang menggelar rapid test massal di pusat keramaian, Jumat (19/6).

SINGKAWANG, SP - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Singkawang telah melakukan rapid test massal. Sebanyak ribuan warga telah menjalani tes cepat di pusat keramaian.

"Rapid test yang sudah dilakukan sampai tanggal 19 Juni 2020 sudah mencapai 5.701 orang. Sepanjang termen waktu itu, setidaknya ada 126 orang yang hasilnya reaktif. Jumlah ini sudah termasuk warga yang di rapid test massal,” kata Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, Barita P Ompusunggu, Selasa (23/6).

Dari hasil rapid test, semua yang reaktif ada yang diminta melakukan karantina mandiri hingga karantina terpusat di Bandiklat Singkawang. 

"Semuanya sudah dilakukan sesuai prosedur dan telah selesai masa pemantauan. Saat ini tidak ada lagi warga yang dikarantina di Bandiklat Singkawang," ujarnya.

Dia juga menyampaikan, saat ini instansinya terus melakukan sosialisasi dan penguatan protokol kesehatan kepada masyarakat, tak terkecuali pusat keramaian seperti pasar, kafe, warung kopi (Warkop) dan lokasi lainnya. 

"Bersama tim gabungan kita melakukan penguatan penerapan protokol kesehatan, itu sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Covid-19,” ungkapnya.

Dia kembali menekankan, pentingnya pemakaian masker, jaga jarak dan cuci tangan dengan sabun menggunakan air baik sebelum dan sesudah beraktivitas.

"Jika sakit atau kondisi badan kurang sehat sebaiknya tidak keluar rumah, dan lakukan pemeriksaan ke rumah sakit," pesannya.(rud/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda