Singkawang post authorKiwi 23 November 2022

Lapas Singkawang Berikan Pelatihan Kader Kesehatan Bagi Narapidana

Photo of Lapas Singkawang Berikan Pelatihan Kader Kesehatan Bagi Narapidana Giat pelatihan kader kesehatan bagi Narapidana di Aula Lapas Singkawang, Rabu (23/11)

SINGKAWANG, SP - Lapas Kelas IIB Singkawang memberikan pelatihan kader kesehatan bagi Narapidana dengan menggandeng Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, di Aula Lapas, Rabu (23/11).

Pelatihan ini diikuti sebanyak 10 orang Narapidana. Adapun yang memberikan materi pelatihan kesehatan, Dokter Yuli dan Dokter Prabu dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang.

Kalapas Singkawang, Priyo Tri Laksono yang membuka pelatihan kesehatan tersebut menyampaikan bahwa pelatihan kader kesehatan bagi Narapidana ini adalah sebagai upaya melakukan penanganan kesehatan pertama atau awal ketika ada warga binaan di Lapas yang mengalami sakit.

Sehingga dapat mempermudah penanganan sambil menunggu petugas perawat ataupun dokter datang ke Lapas. Hal ini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi warga binaan di dalam Lapas Singkawang.

"Pelatihan kader kesehatan ini adalah merupakan hal penting bagi pelayanan kesehatan dalam penanganan warga binaan yang sedang sakit di Lapas sambil menunggu tenaga medis, perawat ataupun dokter datang," katanya.

Dia juga mengingatkan kepada peserta pelatihan kader kesehatan untuk benar-benar mengikuti pelatihan dengan baik dan memperhatikan materi yang diberikan oleh pengajar, sehingga nantinya dapat menambah ilmu pengetahuan tentang kesehatan dalam penanganan pertama bagi ada yang sakit di dalam Lapas.

"Selain itu akan menambah ilmu wawasan dan pengetahuan kesehatan yang bisa dipergunakan ketika nantinya sudah bebas," ujarnya.

Selanjutnya, dokter Prabu memberikan materi kepada Narapidana kader kesehatan dalam rangka penanganan pertama dalam menangani apabila ada yang sakit.

Dia mengungkapkan, langkah-langkah penanganan pertama sambil memberikan praktek langsung penanganan kesehatan dan memberikan kesempatan untuk tanya jawab kepada seluruh peserta pelatihan kader kesehatan.

Diketahui, pelatihan kader kesehatan yang dilakukan ini adalah merupakan pelatihan yang ke-5 kali dan untuk yang terakhir pada tahun 2022 di Lapas Singkawang. (rud)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda