Singkawang post authorBob 26 Januari 2021 124

Sungai Garam Hilir Kelurahan Bersinar Bentuk Relawan Anti Narkoba dan PBM

Photo of Sungai Garam Hilir Kelurahan Bersinar Bentuk Relawan Anti Narkoba dan PBM LAUNCHING - Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan menghadiri acara Launching Deklarasi Kelurahan Sungai Garam Hilir Bersih Narkoba (Bersinar) di Kantor Kelurahan Sungai Garam Hilir, Kecamatan Singkawang Utara, tanggal 29 Desember 2020.

Sebagai Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), Kelurahan Sungai Garam Hilir, Kecamatan Singkawang Utara telah membentuk relawan anti narkoba dan relawan pemulihan berbasis masyarakat (PBM).

Lurah Sungai Garam Hilir, Dedi Wahyudi menerangkan, tim relawan juga mengedukasi dan membantu pemulihan para pecandu narkoba.

"Relawannya merupakan warga asli Kelurahan Sungai Garam Hilir. Mereka dengan sukarela bertugas memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba ke masyarakat," kata Dedi, Senin (25/1).

Para relawan ini, kata Dedi, setiap harinya akan berkeliling ke rumah-rumah warga, demi mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

"Ini adalah sebagai bentuk keseriusan dari Program Kelurahan Bersinar," ujarnya.

Kelurahan Sungai Garam Hilir, ujar Dedi, menjadi satu dari enam kelurahan yang paling rawan peredaran narkoba berdasarkan pemetaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Singkawang.

Selain relawan yang bertugas, pihak kelurahan juga terus mengimbau seluruh pihak lain baik sekolah, perorangan maupun perusahaan yang ada di wilayah Kelurahan Sungai Garam Hilir untuk mendukung kegiatan ini.

"Baik dengan cara mensosialisasikan Kelurahan Bersinar ini disetiap pertemuan dan kegiatan, maupun membuat spanduk atau banner yang berisi tentang penolakan warga terhadap kejahatan narkoba yang dipasang di wilayah mereka atau tempat-tempat strategis," ungkapnya.

Dedi berharap, upaya ini menjadi benteng awal pencegahan peredaran narkoba di wilayah Kelurahan Sungai Garam Hilir. Untuk medukung Program Kelurahan Bersinar, melalui dana kelurahan, pihaknya akan mengadakan perlengkapan olahraga tenis meja, agar kegiatan positif warga dapat tersalurkan.

"Bahkan cita-cita kami yang juga telah kami sampaikan pada kegiatan peresmian dan kegiatan Musrembang tingkat kelurahan, yaitu ingin menjadikan Kelurahan Sungai Garam Hilir sebagai sport center-nya Kota Singkawang," kata Dedi.

Diketahui, Kelurahan Bersinar merupakan program yang dimotori oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Singkawang dan Pemkot Singkawang melalui Tim Pemberantasan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (TP4GN).(rud/yun)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda