Singkawang post authorKiwi 26 November 2020 102

BKKBN Serahkan Bantuan Alat Teknologi Tepat Guna Bagi UPPKS Kota Singkawang

Photo of BKKBN Serahkan Bantuan Alat Teknologi Tepat Guna Bagi UPPKS Kota Singkawang Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar menyerahkan bantuan alat teknologi tepat guna bagi UPPKS Kota Singkawang pada Kamis (26/11).

SINGKAWANG, SP - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Provinsi Kalbar kembali menyerahkan bantuan alat teknologi tepat guna bagi kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kota Singkawang. Potensi Kota Singkawang yang besar diharapkan bisa dimaksimalkan untuk peningkatan ekonomi keluarga.

Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN, Eli Kusnaeli mengatakan pendekatan program bangga kencana bisa dilakukan dari berbagai sektor diantaranya ekonomi.

Dengan setiap keluarga harus melakukan berbagai kegiatan usaha. Hal tersebut untuk mengoptimalkan potensi ibu-ibu yang luar biasa.

"Dengan keberhasilan program Keluarga Berencana (KB), sehingga keluarga memiliki potensi yang besar untuk peningkatan perekonomian," ucap Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN, Eli Kusnaeli pada Kamis (26/11).

Ia menambahkan potensi-potensi tersebut berpeluang untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Namun yang paling penting untuk memberikan aktivitas bagi ibu-ibu. Karena secara psikologis ibu-ibu jika tidak memiliki aktivitas maka berpotensi menambah anak.

Dirinya menyampaikan pemberdayaan ekonomi keluarga dengan berbagai kegiatan usaha sebagai upaya memberikan aktivitas bagi ibu-ibu.

Dengan potensi dan pengembangan secara maksimal diyakini UPPKS Kota Singkawang akan semakin berkembang.

"Potensi yang luar biasa di Kota Singkawang, saya yakin akan berkembang," katanya.

Dikatakannya keberadaan BKKBN dalam upaya pemberdayaan ekonomi keluarga yakni memberikan jaringan kepada kelompok UPPKS. BKKBN akan mencari jejaring kerja untuk peningkatan UPPKS.

Lalu pengembangan usaha untuk mengoptimalkan potensi ekonomi keluarga.

"Saat ini tercatat 32 ribu kelompok UPPKS yang tersebar di seluruh Indonesia," tutupnya.

Sementara itu, Ketua UPPKS Sejahtera Kota Singkawang Nurhasanah mengatakan sebelum dilakukan pembentukan kelompok UPPKS memang sudah melakukan usaha olah hasil laut.

Kemudian dari binaan Kampung Keluarga Berencana (KB) sehingga berinisiatif membentuk UPPKS.

"Produk unggulan kami peyek ikan, tapi masing-masing anggota punya usaha sendiri," ucap Ketua UPPKS Sejahtera Kota Singkawang Nurhasanah.

Ia menambahkan karena kelompok tersebut berada di daerah nelayan maka hasil laut melimpah.

Selama ini pihaknya mengolah hasil laut secara konvensional. Dengan sisa pengolahan maka terpikirkan untuk menjadikan peyek ikan. "Kami juga memproduksi kue jajanan harian," pungkasnya.(din)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda