Singkawang post authorKiwi 27 November 2022

10 Pebalap Liar di Amankan, Ini Langkah Satlantas, IMI dan Pengelola Palapa Beach Singkawang

Photo of 10 Pebalap Liar di Amankan, Ini Langkah Satlantas, IMI dan Pengelola Palapa Beach Singkawang 10 pebalap liar yang diamankan Satlantas Polres Singkawang, Rabu malam kemarin

SINGKAWANG, SP - Satuan Lantas Polres Singkawang akan bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Pengelola Palapa Beach Hotel Pasir Panjang Singkawang untuk menyiapkan sirkuit bagi pebalap liar yang dinilai sudah meresahkan masyarakat Singkawang.

Hal itu diungkapkan Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Suwaris menyusul tertangkapnya sebanyak 10 pebalap liar pada Rabu malam kemarin.

"Selama dua bulan saya bertugas di Kota Singkawang, banyak menerima laporan dari tokoh-tokoh masyarakat yang menyebutkan sering terjadi balap liar di Singkawang," kata Suwaris.

Terhadap laporan tersebut, seluruh jajaran Satlantas Polres Singkawang langsung mengadakan kegiatan penertiban dan berhasil mengamankan sebanyak 10 unit kendaraan roda dua yang diduga terlibat aksi balap liar pada Rabu malam kemarin.

"10 kendaraan tersebut langsung kita amankan, guna mendatangkan teman-temannya yang lain," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang disampaikan kepada mereka yang tertangkap, bahwa masih banyak teman-temannya yang biasa ikut balap liar tersebut.

"Untuk mengeluarkan sepeda motor yang kita amankan, mereka kita buatkan surat pernyataan yang disaksikan langsung orangtuanya agar tidak lagi mengulangi kegiatan yang tidak terpuji tersebut. Jika memang masih dilakukan, maka akan kita koordinasikan dengan IMI dan pengelola Palapa Beach Hotel Pasir Panjang Singkawang untuk menyalurkan bakat mereka di sirkuit yang sudah disiapkan," ungkapnya.

Satlantas bersama Dishub dan Jasa Raharja Singkawang siap memfasilitasi bakat mereka agar tidak membahayakan diri mereka dan pengguna jalan raya.

Terlebih, mereka yang terlibat kebanyakan masih usia remaja (anak dibawah umur).

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Singkawang, Adi Haryadi mengatakan, guna mengantisipasi kegiatan balap liar di Singkawang, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah pencegahan.

"Di APBD Perubahan 2022, telah direncanakan akan dibuat sarpras pita kejut di beberapa titik yang rawan aksi balap liar," katanya.

Seperti pita kejut U Turn Gereja Ayam, pita kejut U Turn depan bangunan baru,
pita kejut U Turn depan Japer Cafe, pita kejut U Turn Mahkota Hotel dan pita kejut Dinas Pertanian.

Selain itu, pihaknya juga akan membangun Zebra Cross di depan SMP Talenta, RA Al-Ikhlas Jalan Kuala, SDN 23 Singkawang Jalan Yos Sudarso, Masjid Raya Jalan Mesjid Raya, TK Kartika XVII-09 Jalan R.A Kartini dan Rumah Sakit DKT Jalan R.A Kartini.

"Pemasangan pita kejut dan zebra ini adalah sesuai fungsi dan tupoksi kami di UU Lalu Lintas pada bagian Sarpras Lalu Lintas," katanya.

Sementara Pengelola Palapa Beach Hotel Pasir Panjang Singkawang, Harry Wedha mengatakan, konotasi balap liar akan dijadikan sebagai budaya balap.yang baik.

"Hal ini pernah saya lakukan pada bulan Oktober lalu yaitu dengan membuat Champing Rase," katanya.

Dengan artian, anak-anak (remaja) yang merupakan pebalap liar ini diajak untuk berkemping terlebih dahulu.

"Disitu akan kita berikan edukasi semacam Coaching Clinik. Dengan mendatangkan narasumber dari IMI Singkawang untuk memberikan pemahaman budaya balap yang baik," ujarnya.

Untuk di Singkawang, katanya, bagaimana pihaknya berupaya menjadikan pebalap liar menjadi Tourism.

Kemudian, berdasarkan koordinasi Palapa Beach dan IMI Singkawang, kedepan akan dibuatkan event IMI Palapa Acadhemy.

"Mungkin ini menjadi salah satu langkah kita untuk mencoba menyiapkan sekolah untuk para pebalap liar di Singkawang. Kita didik mereka supaya bisa berbudaya balap yang baik dan semoga terciptanya atlet-atlet balap dari Kota Singkawang yang berprestasi," harapnya. (rud)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda