Singkawang post authorKiwi 29 November 2021

Baznas Singkawang Raih WTP di Tahun 2020

Photo of Baznas Singkawang Raih WTP di Tahun 2020 Penyerahan WTP 2020 yang diraih Baznas Singkawang Kepada Pemkot Singkawang yang merupakan hasil audit Kantor Akuntan Publik, Sabtu (27/11)

SINGKAWANG, SP - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Singkawang, Mahmudi menyerahkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemkot Singkawang yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro.

Predikat opini WTP 2020 ini adalah hasil audit yang dilakukan Kantor Akuntan Publik beberapa waktu lalu.

Acara penyerahan predikat opini WTP ini dirangkai dengan kegiatan Rakor UPZ Masjid se-Kota Singkawang, di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Sabtu (27/11).

"Dalam kegiatan ini, kita juga menyerahkan sebanyak 1000 Mushab Alquran kepada 100 pengurus Masjid di Kota Singkawang," kata Mahmudi.

Menurutnya, kegiatan Rakor tersebut dihadiri sebanyak 110 orang yang terdiri dari utusan dari UPZ sebanyak 100 orang dan utusan dari relawan zakat sebanyak 10 orang.

Kegiatan Rakor yang mengangkat tema optimalisasi perolehan ZIS (Zakat, Infaq dan Shadakah) untuk kesejahteraan masyarakat ini bertujuan agar para peserta memahami tentang legalitas Baznas dan UPZ agar dapat menjalankan tugasnya serta memahami dan mengetahui 5 program Baznas Kota Singkawang yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat saat ini, dimana masyarakat Singkawang saat ini tengah dihadapkan berbagai krisis yang sedang melanda terutama wabah Covid-19.

"Untuk itu sudah sepantasnya kita melakukan secara sungguh-sungguh dan mencari jalan keluarnya untuk mengatasi hal ini," ujarnya.

Seperti apa yang dikemukakan dalam Syariat Islam, dimana telah disebutkan beberapa ayat yang tersebar dalam Alquran sebanyak 80 kali yaitu tentang perintah zakat. Sedangkan perintah sholat yang disandingkan dengan zakat sebanyak 27 kali.

"Untuk itu pengelolaan dan penataan ZIS hendaknya dikelola secara benar dan bertanggungjawab sesuai dengan syariat Islam, rukun Islam dan rukun iman yang wajib kita jalankan," ungkapnya.

Dalam ibadah ini terkandung berbagai hikmah dan manfaat yang sedemikian besar dan mulia, baik bagi Muzakki yang berzakat dan bagi Mustahik yang menerima manfaat maupun masyarakat secara keseluruhan. (rud)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda