Singkawang post authorKiwi 29 November 2021

Guruh Ersita Pimpin Kadin Singkawang Masa Bakti 2021-2026

Photo of Guruh Ersita Pimpin Kadin Singkawang Masa Bakti 2021-2026 Istimewa

SINGKAWANG, SP - M Guruh Ersita dilantik sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) masa bakti 2021-2026.

Acara pelantikan beserta pengurus dilakukan oleh Ketua Kadin Provinsi Kalbar, Joni Isnaini yang berlangsung di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Sabtu (27/11).

Kegiatan ini juga diselingi dengan acara penyerahan bantuan sebanyak 20 tabung oksigen beserta isi dan 20 flow meter kepada Pemkot dan 5 tabung beserta isi dan flow meter kepada pihak swasta.

"Pelantikan Kadin di Singkawang adalah merupakan pelantikan yang kelima setelah Kubu Raya, Pontianak, Ketapang dan Sambas," kata Joni.

Setelah itu, pelantikan Kadin akan dilanjutkan ke Bengkayang, Sintang, Melawi dan Sanggau.

"Saya berharap dimasa-masa perekonomian yang sedang sulit sekarang ini, Kadin harus bisa menjadi pilar terdepan dalam rangka pembangunan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini, Kadin harus lebih fokus untuk menghidupkan perekonomian masyarakat terutama UMKM.

"Kepada Ketua Kadin Singkawang yang baru saja dilantik, diharapkan bisa bersinergi terus dengan Pemkot Singkawang dalam rangka memajukan perekonomian masyarakat Kota Singkawang," pintanya.

Terlebih, sekitar 67 persen masyarakat Kota Singkawang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dengan begitu, diharapkan roda perekonomian masyarakat bisa berputar/bergerak yang tidak hanya di Singkawang saja, melainkan daerah-daerah lainnya di Kalbar.

Ketua Kadin Singkawang, M Guruh Ersita mengatakan, sebelum dilantik dia bersama pengurus sebenarnya sudah bekerja seperti memberikan pembinaan-pembinaan kepada pelaku UMKM Singkawang.

"Nanti akan kita bantu dalam pemasarannya serta memikirkan bagaimana kelangsungan bahan baku. Semua ini harus simultan," katanya.

Pria yang akrab disapa Dewa ini berharap bahan baku yang dihasilkan dari sebuah produk UMKM Singkawang bisa berasal dari Kota Singkawang.

"Seperti keripik singkong, ikan dan saya pikir di Kota Singkawang pasti ada bahan bakunya," ujarnya.

Pihaknya akan terus berupaya untuk membantu pelaku-pelaku usaha yang dari kecil mengingat usaha yang kecil lebih tahan terhadap fluktuasi atau krisis.

"Kita harapkan mereka bisa lebih bervariasi dan inovatif," ungkapnya.

Sementara Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, Kadin yang baru saja dilantik bisa berjalan dengan baik dan bisa melaksakan programnya sesuai dengan visi misi yang dibentuk.

Dia juga ingin pengusaha asal Kota Singkawang yang sudah maju bisa ikut membantu dan mendongkrak kemajuan UMKM Singkawang.

"Di Singkawang ada sebanyak 800 UMKM, ada 20 saja yang mereka bantu tentu akan bisa mengurangi pengangguran di Kota Singkawang," katanya. (rud)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda