Singkawang post authorKiwi 01 Desember 2020 68

Diskominfo Singkawang Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan Website PPID

Photo of Diskominfo Singkawang Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan Website PPID EVALUASI - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan Website PPID kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Singkawang.  

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang telah menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) selama dua hari, Rabu-Kamis (25-26/11).

Target rapat evaluasi, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Singkawang mampu menginplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 (PP 61/2010) Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Kegiatan sudah dilaksanakan di Aula Dinas Kominfo Singkawang selama dua hari," kata Sekretaris Diskominfo Singkawang, Istri Handayani, Senin (30/11).

Dia mengatakan, Rapat Evaluasi PPID diikuti oleh Sekretaris OPD dan admin PPID.

“Hari pertama khusus untuk Sekretaris OPD, dan berikutnya untuk admin PPID,” ujarnya.

Dalam rapat evaluasi ini, kata Istri, membahas tentang pengajuan informasi yang harus memperhatikan standar pelayanan informasi yang diatur dalam PP 61/2010.

“Pengajuan informasi itu tidak asal-asalan, kita sudah ada aplikasinya, sudah ada formnya, makanya mohon untuk dibuka PP 61 Tahun 2010, disitu sudah dijelaskan tentang standar pelayanan informasi,” ungkapnya.

Dia mengatakan, setiap orang yang ingin memasukan informasi harus memberikan alasan yang jelas dan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Pemohon wajib memasukan alasan memasukan informasi itu untuk apa. Orang yang memberikan informasi juga wajib memasukan NIK,” jelasnya.

Dia juga meminta admin PPID untuk menjaga keamanan data melalui email. “Kalau diberikan dalam bentuk data, jangan langsung diterima, tapi lewat email, karena secara tidak langsung ter-back up,” pintanya.

Istri kembali mengingatkan, agar setiap tamu undangan yang hadir dapat mengadakan evaluasi data setiap bulan untuk ditindaklanjuti.

“Kami tetap mengharapkan bantuan dan kerja sama dari pada ibu bapak. Kita ingatkan, tolong setiap bulan evaluasi, dari hasil evaluasi akan kita tindaklanjuti,” tutupnya.(rud/yun)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda