Sintang post authorBob 02 Agustus 2020 70

Penyebab Belum Diketahui, 12 Ruko di Simpang Pinoh Terbakar

Photo of Penyebab Belum Diketahui, 12 Ruko di Simpang Pinoh Terbakar TERBAKAR - 12 ruko di kawasan Simpang Pinoh, Desa Sungai Ukoi, Kecamatan Tebelian, terbakar pagi kemarin. IST

Kabid Pemadam Kebakaran, Damkar Sintang, Yudius

“Sumber api dan penyebabnya belum kita ketahui, karena kita masih fokus pemadaman dan pendinginan.”

 

SINTANG, SP  Tak berselang lama, terjadi lagi kebakaran di Kabupaten Sintang. Kali ini, 12 rumah toko (ruko) di kawasan Simpang Pinoh, Desa Sungai Ukoi, Kecamatan Tebelian, yang jadi korban, pagi kemarin.

Belum diketahui pasti api berasal dari bangunan mana, demikian pula penyebabnya.

“Sumber api dan penyebabnya belum kita ketahui, karena kita masih fokus pemadaman dan pendinginan,” kata Kabid Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Damkar Sintang, Yudius, mengutip lensakalbar.co.id.

Namun, Yudius memastikan bahwa ada 12 ruko terbakar dalam peristiwa tersebut.

“Ya, setelah didata ada 12 ruko yang terbakar,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Sintang, Iptu Hariyanto, membenarkan bahwa telah terjadi peristiwa kebakaran di kawasan Simpang Pinoh.

“Ya benar. ada 12 ruko yang terbakar. Kondisinya saat ini sudah padam dan sedang dilakukan pendinginan,” tuturnya.

Namun, ia pun belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

“Penyebab masih dalam penyelidikan, apakah itu korsleting listrik atau apa. Intinya masih dalam penyelidikan,” kata Iptu Hariyanto.

Menurutnya, berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran yang menghanguskan 12 ruko itu terjadi pukul 09. 45 WIB. Saat itu, ada seorang warga setempat melihat munculnya kepulan asap dari salah satu bangunan ruko tersebut.

“Jadi, saat warga melihat api sudah membakar bagian atas ruko, sebagian warga berusaha menghubungi pihak Damkar dan Busera Sintang serta meminta warga yang berada di ruko untuk keluar dan mengamankan diri,” pungkasnya. (lha)

Belum Perkirakan Kerugian

Sebelumnya, Minggu (26/7), 21 kios di kawasan Tugu Bank Indonesia, ludes terbakar. Diduga kebakaran akibat arus pendek listrik.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sintang, Martin Nandung, menyebutkan lebih dari 21 kios yang terbakar dalam peristiwa ini.

“Kalau kita dengar dari saksi mata, penyebabnya diduga karena korsleting listrik dari salah satu kios di kawasan Tugu BI Sintang,” katanya, melansir sumber yang sama.

Martin memastikan bahwa dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada menelan korban jiwa. Hanya, sebagian besar barang warga tidak bisa diselamatkan.

“Karena api dengan cepat membesar dan melahap bangunan kios yang banyak terbuat dari kayu ini. Jadi, sebagian besar tidak ada barang yang dapat diselamatkan. Untuk kerugian belum dapat kita perkirakan, karena kita masih fokus melakukan pemadaman dan pendinginan,” tutupnya. (lha)

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda