Sintang post authorelgiants 03 Maret 2020

Jarot Tutup Kejuaran Pencak Silat Pelajar Se-Kalbar

Photo of Jarot Tutup Kejuaran Pencak Silat Pelajar Se-Kalbar FOTO BERSAMA - Bupati Sintang, Jarot Winarno, menutup seluruh rangkaian kegiatan Kejuaran Pencak Silat tingkat pelajar ke-3 se-Kalimantan Barat tahun 2020, di Indoor Apang Semangai Sintang, belum lama ini.

SINTANG, SP -  Bupati Sintang, Jarot Winarno, menutup seluruh rangkaian kegiatan Kejuaran Pencak Silat tingkat pelajar ke-3 se-Kalimantan Barat tahun 2020, yang di gelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kapuas (Unka) Sintang, di Indoor Apang Semangai Sintang, belum lama ini.

Jarot menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Melati Sintang, Universitas Kapuas, dan panitia kegiatan yang telah memprakarsai untuk ketiga kalinya menyelenggarakan kejuaraan terbuka pencak silat pelajar se-Kalbar ini.

"Kegiatan seperti ini akan berkontribusi besar menyiapkan generasi muda kita menghadapi Indonesia Emas 2045 mendatang, saat di mana kegemilangan diraih bangsa Indonesia. Karena pada saat itu, atlet pencak silat ini akan menjadi pemimpin Indonesia yang sudah teruji nantinya," kata Jarot, dalam sambutannya.

Jarot pun menjelaskan bahwa olahraga merupakan wadah pemersatu sesama anak bangsa, dari berbagai daerah yang memiliki latar belakang berbeda, berkumpul pada kenjuaran pencak silat.

Terlebih juga, lanjut Jarot, pada Desember 2019 lalu pencak silat telah diakui sebagai heritage atau warisan dunia yang berasal dari Indonesia.

"Ini artinya, bahwa di dalam seni bela diri pencak silat terkandung keluhuran budaya bangsa Indonesia. Sehingga, apa yang ditekuni dan dilakukan sekarang, selain untuk memupuk sportivitas jiwa olahraga, tetapi juga menjaga keluhuran budaya kita," ungkap Jarot. (hms/lha)

SMKN 1 Nanga Pinoh Juara I

Rektor Unka Sintang, Antonius mengatakan, kejuaran pencak silat merupakan upaya untuk meningkat kualitas sumber daya manusia di luar kegiatan aktivitas belajar mengajar dari para mahasiswa kami.

"Karena memang selain sisi akademis, kami juga dituntut mengembangkan sisi lain yang bersifat nonakademis, juga mendukung soft skill mahasiswa yang ada di lingkungan Unka, yang pada kejuaraan ini melibatkan para pelajar se-Kalbar," katanya.

Untuk itu, Antonius menyampaikan terima kasih kepada para peserta pelajar se-Kalbar yang telah berpartisipasi dalam kegiatan kejuaran pencak silat ketiga kalinya ini.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada Pak Bupati yang telah mendukung seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Unka Sintang ini. Kegiatan ini juga kita membantu dan mendukung pemerintah meningkatkan kualitas SDM," tutup Antonius.

Diketahui, juara umum pertama diraih oleh SMKN 1 Nanga Pinoh, juara umum kedua diraih SMKN 1 Sintang, dan Juara umum ketiga diraih oleh SMKN 6 Pontianak. (hms/lha)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda