Sintang post authorKiwi 06 Agustus 2020

Sekda Sintang Lepas ASN Purna Tugas

Photo of Sekda Sintang Lepas ASN Purna Tugas FOTO BERSAMA - Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, menghadiri acara pelepasan purna tugas ASN di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang di Aula Inspektorat Kabupaten Sintang, Rabu (5/8).

SINTANG, SP - Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, menghadiri acara pelepasan purna tugas ASN di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang di Aula Inspektorat Kabupaten Sintang, Rabu (5/8).

Total ada enam orang PNS bakal dilepas, terdiri dari lima orang PNS yang pensiun tahun ini dan satu orang PNS yang telah pensiun pada tahun lalu.

“Atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang, saya mengucapkan terima kasih yang sangat dalam atas kerja sama dan kinerja yang sangat baik dan membanggakan,” tutur Yosepha.

Yosepha mengatakan, ada delapan prestasi yang ditorehkan oleh Inspektorat pada masa jabatan Apolonaris Biong sebagai Inspektur Kabupaten Sintang.

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya berat untuk melepaskan keenam PNS yang purna tugas, karena kinerja yang begitu bagus dan begitu solid kerja sama dengan Sekda.

Yosepha menyampaikan bahwa WTP merupakan salah satu hasil karya dan kerja nyata yang sudah diperlihatkan para auditor, baik dalam membimbing semua OPD maupun dalam mendukung proses penyelesaian audit BPK untuk  mendapatkan WTP yang kedelapan kali.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa, saya sungguh terkesan,” ucapnya. 

Ia pun berharap, di bawah koordinator Plt. Inspektur, agar para auditor tetap dapat melaksanakan tugasnya secara profesional dan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan itu, tak lupa Yosepha juga memuji kinerja Biong saat menjabat. Ia berharap agar teladan yang sudah diberikan, baik dari sisi kinerja, dari sisi disiplin dan sisi lainnya dapat pelajari di lingkungan Inspektorat.

“Atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang, kami juga mohon maaf jika ada hal-hal yang menyinggung baik sengaja maupun tidak sengaja. Untuk rekan-rekan di Inspektorat, saya mohon agar prestasi tetap dilanjutkan dan ditingkatkan, saya ingin prestasi kita ke depan semakin bagus,” tutup Yosepha.

Di tempat yang sama, Biong mengungkapkan perasaannya dalam menghadapi purna tugas. Ia mengatakan bahwa ada perasaan sedih, namun ada juga perasaan bahagia.

“Saya yakin kita mempunyai perasaan yang sama dalam menghadapi purna tugas ini. Sedih dan bahagia. Sedih karena harus berpisah dengan teman-teman dan rutinitas kerja selama perjalanan kurang lebih 30 tahun. Bahagia karena kita akan segera menyambut rutinitas baru yang selama ini, mungkin kita tidak memiliki waktu luang untuk mengerjakannya,” ungkapnya.

Biong juga mengatakan banyak prestasi yang telah dicapai pada masa jabatannya, yakni tercapainya penilaian mandiri Kapabilitas APIP Kabupaten Sintang pada level 3 (tiga); tercapainya penilaian Maturitas SPIP Kabupaten Sintang pada level 3 (tiga).

Berikut tersedianya aplikasi pengaduan (lapor-sp4n); terlaksananya kerja sama dengan APH dalam proses penanganan pengaduan; progres penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI dari tahun 1998-2019, dengan capaian sebesar 81,54  persen; Inspektorat Kabupaten Sintang berperan serta dalam mendorong pencapaian opini WTP.

Biong juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sintang, Sekda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang, karena telah memberikan kesempatan untuk ikut membangun Kabupaten Sintang sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.

“Hal ini tentunya tidak terlepas dari kerja sama kita semua, khususnya seluruh aparatur di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang. Maka dari itu, tak lupa ucapan terima kasih kami sampaikan juga kepada rekan-rekan di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang atas dukungan dan kerja samanya,” ungkapnya.

Ia menyadari bahwa dirinya manusia biasa yang tidak mungkin bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, ia dan rekan-rekannya purna tugas sangat bersyukur karena selama perjalanan karier, didukung oleh orang-orang hebat yang ada di sekitar.

“Selanjutnya, saya atas nama rekan-rekan juga menyampaikan permohonan maaf, apabila selama kami menjalankan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara belum memberikan kontribusi yang maksimal. Banyak melakukan kesalahan, baik ucapan maupun tindakan, tapi yakinlah bahwa hal itu tidaklah kami sengaja,” terangnya.

Ke depan, dirinya berharap Inspektorat Kabupaten Sintang semakin maju, menjaga kerja sama, juga kekompakan karena tantangan tugas dan tanggung jawab semakin berat, yang memerlukan upaya bersama untuk menghadapinya. 

Staf Sangat Kurang

Plt. Inspektur Kabupaten Sintang,  Ardatin, mengungkapkan bahwa kini ASN di lingkungan Inspektorat Kabupaten Sintang tersisa 59 orang. Terdiri dari fungsional tertentu, P2 dan auditor sebanyak 43 orang, dan untuk pejabat struktural sebanyak 8 orang.

Ia juga mengatakan bahwa kini, staf di Lingkungan Inspektorat sangat kurang, baik fungsional umum maupun fungsional tertentu.

Ardatin juga mengucapkan terima kasih kepada enam orang PNS yang purna tugas atas kerja sama dan pengabdian mereka selama ini.

“Kami selalu berdoa agar Bapak, Ibu, dan keluarga selalu sehat dan menikmati masa pensiun penuh sukacita bersama keluarga. Dan harapan kami, agar tetap terjalin komunikasi, karena kami tetap perlu masukan, bimbingan serta saran dari teman-teman yang sudah purna tugas,” tuturnya.

Pada akhir acara tersebut, dilakukan penyerahan Memori Jabatan Inspektur Kabupaten Sintang beserta Penyerahan Kunci Mobil KB 18 E dan KB 9752 EB dari Apolonaris Biong kepada Ardatin, selaku Plt. Inspektur Kabupaten Sintang.

Penyerahan Memori Dharma Wanita oleh Yosepha Sepina Biong  kepada Perwakilan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Inspektorat Kabupaten Sintang, Tri Susanti Budi Purwanto serta penyerahan cenderamata kepada PNS yang purna tugas. (hms/lha)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda