Sintang post authorKiwi 07 Mei 2022

10 Mei ASN Sintang Wajib Pakai Pakaian Adat

Photo of 10 Mei ASN Sintang Wajib Pakai Pakaian Adat

SINTANG,SP– Setelah libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang akan menggelar upacara di Halaman Kantor Bupati Sintang, Selasa (10/5) mendatang. Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan mengenakan pakaian adat saat momen Hari Jadi Kota Sintang ke-660 tersebut.

Instruksi tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang Dra Yosepha Hasnah MSi.Peringatan Hari Jadi Kota Sintang ke-660 Tahun 2020, tegas Yosepha, harus disiapkan dengan baik supaya nanti bisa berjalan dengan lancar.

“Kita akan melaksanakan upacara di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Selasa, 10 Mei 2022 nanti. Artinya setelah Idulfitri. Sehingga kita sekalian melaksanakan halal bihalal yang melibatkan semua suku dan agama yang ada di Kabupaten Sintang. Para tokoh semua suku dan agama nanti akan menjadi peserta upacara dan sekalian silaturahmi,” beber Yosepah.

Penegasan tersebut sebelumnya pernah disampaikan Sekda ketika memimpinRapat Persiapan Penyelenggaraan Peringatan Hari Jadi Kota Sintang ke-660 Tahun 2022 di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Selasa, 19 April 2022 lalu.

“Soal pakaian saat upacara, kita harus sepakat untuk semua peserta upacara dan panitia wajib menggunakan pakaian adat daerah yang ada di Indonesia” terang Yosepha.

Sekda mengingatkan, agar pakaian adat yang dikenakan tidak boleh asal-asalan, harus yang benar. Apalagi di daerah lain, mereka totalitasmengenakan pakaian adat daerah.

“Seluruh ASN, pegawai BUMN, BUMD, perbankan dan lembaga keuangan semuanya wajib memakai pakaian adat daerah pada Selasa, 10 Mei 2022 saat bekerja,” tegas Yosepha.

Sekda juga menyinggung kondisi kasus Covid-19 saat ini yang semakin menurun. Namun, Pemkab Sintang tetap diberikan beban agar meningkatkan capaian vaksinasi.

Siap Dukung

Kepala Bank Kalbar Cabang Sintang, Muhammad Rizwan memastikan Bank Kalbar siap memberikan dukungan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Sintang ke-660 Tahun 2022.

“Saran saya, lebih baik laksanakan kegiatan yang lebih pada untuk membangun budaya, sehingga keberadaan Sintang ini semakin diketahui oleh masyarakat luar Kalbar. Lakukan kegiatan yang bisa membangun budaya dan pariwisata, seperti lomba membuat video pendek dengan sekolah-sekolah sebagai peserta” ungkap Rizwan.

Apalagi saat ini membuat video pendek sudah tidak susah. Tidak harus memiliki peralatan yang bagus. Namun dengan video yang diambil menggunakan handphone sudah bisa, dan hasilnya bagus.

“Kita rangkul anak-anak sekolah yang saat ini sudah semakin kreatif. Nanti kami siap mendukung kalau ada lomba video pendek. Nanti hasilnya bisa kita posting di media sosial,” terang Rizwan.(rls)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda