Sintang post authorBob 16 Oktober 2020 109

Tim Wasev Mabes TNI Kunjungi Satgas TMMD ke-109 Kodim 1205/Sintang Tahun 2020 di Kecamatan Ketungau Tengah

Photo of Tim Wasev Mabes TNI Kunjungi Satgas TMMD ke-109 Kodim 1205/Sintang Tahun 2020 di Kecamatan Ketungau Tengah Tim Wasev Mabes TNI Kunjungi Satgas TMMD ke-109 Kodim 1205/Sintang Tahun 2020 di Kecamatan Ketungau Tengah

SINTANG, SP - Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI, telah melakukan kunjungan ke Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim 1205/Sintang. Mereka langsung ke lokasi yang berada di Desa Tirta Karya, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Rabu (14/10/2020).

Ketua Tim Wasev Mabes TNI TMMD, Kolonel Inf Danny Alqadri didampingi oleh Kasrem 121/Abw, Kolonel Kav Aloysius Nugroho Santoso, mewakili Danrem 121/ABW, kemudian Kasiter Korem 121/Abw, Kolonel Inf Daniel Syalom Lalawi, Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, Camat Ketungau Tengah, Petrianus SH, dan Tokoh Masyarakat.

Ketua Tim Wasev TMMD ke-109 menyampaikan melalui TMMD yang menyasar daerah-daerah tertinggal dan terpencil, agar memudahkan masyarakat dalam beraktivitas dan menjalankan perekonomian.

"Dalam rangka Wasev TMMD ke-108 2020 Kodim 1205/Sintang, maka perlu dilaksanakan peninjauan langsung ke lapangan untuk melihat sejauh mana perkembangan Satgas TMMD ke-109 Kodim 1205/Sintang," kata Kolonel Inf Danny Alqadri.

“Kami dari Mabes TNI, dalam rangka Wasev TMMD ke-109, mendapat laporan dari Dansatgas, Dandim 1205/Sintang. Alhamdulillah apa yang telah dilaksanakan sesuai rencana progresnya sudah 70 persen hingga penutupan TMMD pada 22 Oktober bisa rampung 100 persen, paparnya.

Kemudian untuk kegiatan, dibagi menjadi dua kegitan fisik dan nonfisik. Kegitan fisik antara lain pembangunan pembukaan dan pembuatan jalan dan jembatan dari Desa Tirta Karya menuju Desa Wira Yuda, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, dengan komposisi 11 km dengan kelebaran 6 meter.

Sedangkan jembatan ada 2 unit masing-masing 18 X 4 meter dan 4 X 4 meter, untuk gorong-gorong ada 6 unit dengan diameter 1 meter persegi,” demikian menutut Ketua tim Wasev.

Sedangkan mengenai kegiatan nonfisik di antaranya, penyuluhan tentang pertanian, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), tentang Narkoba, wawasan Kebangsaan (Wasbang), kemudian tentang Karhutla dan juga tentang Kesehatan.

“Harapan Kami, kedepannya apa yang telah dilaksanakan ini dapat dipelihara sama-sama, sehingga bisa dilanjutkan lagi kalau saat ini 11 km menyambungkan dari Desa Tirta Karya menuju Desa Wira Yuda bisa ditambahkan kedepannya,” jelas Ketua Tim Wasev Mabes TNI.

Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, kendala yang dihadapi oleh tim di lapangan cukup relatif yaitu permasalahan cuaca terutama saat hujan tim sama sekali tidak bisa bekerja, terapi jika cuaca bagus maka full satu hari hingga hampir gelap tim bekerja secara maksimal.

“Dukungan dari Masyarakat di sini sangat antusias karena pembukaan jalan di sini sangat dirasakan manfaatnya, yang selama ini mereka menggunakan jalur sungai selain waktu tempuhnya lebih lama juga biaya transportasinya jauh lebih mahal," kata Dandim 1205/Sintang.

"Jika menggunakan speed boat biayanya mencapai 500 ribu sedangkan saat ini memakai sepeda motor cukup memakan BBM setengah hingga satu liter,” papar Letkol Inf Eko Bintara Setiawan.

Selaku DanSatgas TMMD, ia berharap setelah selesai pengerjaan dari tim TMMD dan dikembalikan kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat, kiranya jalan ini agar digunakan dan dipelihara.

"Kalau tidak digunakan dan dipelihara tentunya ini suatu kemunduran. karena akan percuma saja dibangun tanpa ada pemanfaatan," pungkasnya. (mul)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda