Sintang post authorBob 22 September 2020 82

Dandim 1205/Sintang Buka TMMD Reguler ke-109

Photo of Dandim 1205/Sintang Buka TMMD Reguler ke-109 BANGUN SARANA - Personel Satgas TMMD Reguler ke-109 Kodim 1205/Sintang, mulai mengerjakan sasaran pembangunan fisik berupa pengerjaan jalan di Desa Tirta Karya.  Ist

SINTANG, SP – Kodim 1205/Sintang, resmi melaksanakan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke- 109. Peresmian ditandai dengan pembukaan di mana penandatangan serah terima pekerjaan dari Bupati Sintang kepada Dandim selaku Dansatgas TMMD, di Makodim, Selasa (22/9).

Pembukaan Program TMMD Reguler ke-109 Kodim 1205/Sintang, dilaksanakan dengan menyesesuaikan Protokoler Kesehatan. Program TMMD Reguler ke-109 tahun ini digelar di dua desa kawasan perbatasan, yaitu Desa Tirta Karya dan Desa Wira Yuda, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang.

Dandim 1205/Sintang, Letkol Infantri Eko Bintara Saktiawan menjelaskan ada dua sasaran TMMD, di antaranya sasaran fisik dan nonfisik. Sasaran fisik antara lain, membangun jalan dari Desa Tirta Karya ke Desa Wirayudha sepanjang 11 km dan lebar lebar 6 meter.

"Sepanjang jalan itu, kita bangun juga dua jembatan, ukuran panjangnya 11 meter dan lebar 4 meter. Jembatan kedua 4x4. Kita juga memasang 6 unit gorong-gorong ukuran 1 meter persegi," kata Dandim 1205/Sintang.

Adapun untuk sasaran nonfisik, yaitu berupa penyuluhan kepada masyarakat, seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, karhutla, Kamtibmas, Bahaya Narkoba dan Kesehatan. "Semuanya akan kita kerjasama dengan instansi terkait," papar Letkol Inf Eko Bintara.

Ada yang unik, saat Personel Kodim 1205/Stg berangkat ke lokasi Program TMMD Reguler ke-109, pada Minggu (20/9). Saaat Personel Kodim 1205/Stg diberangkatkan ke Desa Tirta Karya, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, mereka harus menggunakan jalur sungai, karena kondisi sekarangf sedang banjir. Satu-satunya akses yang mudah dilewati hanya jalur sungai. Sehingga mereka menggunakan Kapal Bandong, dengan waktu tempuh ke lokasi TMMD menapai 24 jam.

"Medan di rute darat, sulit dilalui, jalan hancur karena diguyur hujan. Di desa seluas 62 km persegi itulah, personel Kodim 1205/Sintang, melaksanakan program TMMD," kata Dandim 1205/Stg, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan.

Selain membawa personel Satgas, sejumlah logistik juga diangkut menggunakan kapal Bandong. Seperti beras, gas LPG dan lain sebagainya. Total ada 110 personel Satgas TMMD yang akan membantu pemerintah dalam hal percepatan pembangunan di Desa Tirta Karya.  Seluruh personel ini nantinya akan disebar ke sejumlah titik. Ada yang di gedung serbaguna, balai dusun, hingga ke rumah warga. (ril/dam)

 

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda