Sintang post authorBob 26 Februari 2021 69

Antisipasi Bencana Alam, Korem 121/Abw Gelar Pasukan Pemukul Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

Photo of Antisipasi Bencana Alam, Korem 121/Abw Gelar Pasukan Pemukul Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana Antisipasi Bencana Alam, Korem 121/Abw Gelar Pasukan Pemukul Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana

SINTANG, SP - Mengantisipasi bencana alam yang bisa saja terjadi seaktu-waktu di wilayah Sintang, Korem 121/Abw, menggelar apel kesiapsiagaan dan gelar perlengkapan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PPRCPB).

Gelar PPRCPB ini berlangsung di lapangan Korem 121/Abw, Jalan Pangeran Kuning No 1 Sintang, Kamis (25/2/2021).

Apel diambil Kasrem 121/Abw, Kolonel Kav Aloysius Nugroho Santoso, S.E. M.M. Gelar pasukan ini menindak lanjuti pengarahan Presiden RI pada Rakor Pencegahan Karhutla.

Selain itu juga telah diinstruksikan Presiden saat Rapim TNI-Polri beberapa hari yang lalu.

Adapun peserta apel adalah pasukan dari Makorem 121/Abw, Kodim 121/Stg, Polres Sintang, Damkar, BPBD, Manggala Agni, Dinkes Kabupaten Sintang.

Dalam sambutannya, Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny, S.A.P., yang dibacakan oleh Kasrem 121/Abw menyatakan bahwa tujuan dilaksanakannya apel kesiapsiagaan PPRCPB untuk mengantisipasi bencana yang akan timbul khusus nya diwilayah Kalbar, karena saat memasuki musim kemarau.

“Dengan adanya PPRCPB, maka diharapkan anggota setiap saat cepat dan tanggap dalam penanggulangan bencana ini,” ujarnya.

“Dan sebagai jawaban kesiapan kita, bahwa kita siap mengatasi bencana baik itu bencana banjir, Karhutla, serta bencana lainnya," lanjut Danrem 121/Abw.

Kolonel Kav Aloysius mengatakan, harus siap melaksanakan aksi dalam program PPRCPB ini, walaupun dengan keterbatasan sarana dan prasarana, semuanya harus harus siap.

“Sebagai langkah awal penanggulangan Karhutla, kita selalu koordinasi dengan instansi terkait, melakukan sosialisasi pencegahan terjadinya Karhutla di wilayah, melaksanakan imbauan kepada masyarakat, terutama membuka lahan tanpa membakar. Hal ini penting harus dilakukan," jelasnya.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Ronny memerintahkan jajarannya, agar memetakan daerah yang rawan terjadinya bencana alam, terutama Karhutla yang setiap tahun dihadapi.

“Selalu lakukan koordinasi dengan pihak terkait, dalam penanganan. Lakukan pencegahan dengan malakukan sosialisasi, memasang baner di setiap wilayah terlebih di titik-titik yang sudah dipetakan yang setiap tahun berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ungka Brigjen TNI Ronny.

“Mari kita tingkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar, dan instansi terkait untuk bersama-sama melakukan kegiatan sosialisasi dan memberikan himbauan," pungkasnya. (rem)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda