Sintang post authorBob 26 November 2021

Percepat Pemulihan Pasca Banjir, Prajurit Kodim Sintang Laksanakan Pembersihan di Sejumlah Lokasi

Photo of Percepat Pemulihan Pasca Banjir, Prajurit Kodim Sintang Laksanakan Pembersihan di Sejumlah Lokasi BERSIHKAN - Kodim 1205/Sintang melaksanakan Karya Bakti (Karbak) pembersihan di beberapa lokasi di Kota Sintang, Jumat (26/11).Ist

SINTANG, SP - Percepat pemulihan pasca bencana banjir, Kodim 1205/Sintang melaksanakan Karya Bakti (Karbak) pembersihan di beberapa lokasi di Kota Sintang, Jumat (26/11/2021).

Kegiatan ini merupakan Serbuan Teritorial yang dilaksanakan oleh Kodim Sintang agar situasi segera kembali normal.

Pembersihan dilaksanakan oleh Kodim 1203/Sintang, bersama satuan-satuan di bawah Korem 121/Abw. Salah satu lokasi yang dilaksanakan pembersihan yaitu di Jalan Lintas Melawi.

Jalan ini merupakan jalan nasional yang menghubungkan antara Kapuas Hulu, Sintang dan Pontianak. Juga merupakan salah satu pusat perekonomian.

Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono mengatakan, Karbak ini bertujuan untuk mempelopori dan mengajak warga masyarakat untuk melaksanakan pembersihan di lingkungannya masing-masing. 

"Gunanya agar setelah banjir ini tidak ada penyakit yang timbul sebagai endemi di wilayah Sintang ini," kata Dandim.

Perwira menengah TNI AD yang pernah menjabat Danyon Raider 641/Bru ini juga mengatakan, selain pembersihan sampah, juga dilaksanakan fogging di tempat yang masih ada genangan air, tujuannya untuk mencegah nyamuk berkembang biak sehingga terhindar dari penyakit, seperti malaria dan demam berdarah.

Dandim menyampaikan, kegiatan ini akan terus dilanjutkan, minimal satu minggu kedepan, dan apabila masih dibutuhkan akan diteruskan sampai dengan kondisi kebersihan pasca bencana ini kembali normal.

TNI akan ajak warga masyarakat setempat, termasuk Instansi terkait, seperti Pemadam Kebakaran, Satpol PP, Polres Sintang, Tagana, serta BPBD.

"Besok kita akan menyisir ke perkampungan-perkampungan yang masih ada lumpurnya, jika bisa kita bantu akan kita bantu, kemudian kalau ada yang membutuhkan sembako kita bantu, untuk mencukupi kebutuhan pokoknya," ujarnya. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda