Sosok post authorKiwi 01 Juni 2020 2,352

Mengenal Anong Penerbang Helikopter Cantik yang BKO di Kodam XII/Tpr

Photo of Mengenal Anong Penerbang Helikopter Cantik yang BKO di Kodam XII/Tpr CEK KESIAPAN - Letda Cpn K Alberta Injilia, Perwira Penerbang II Flite Helikopter Serang Skadron-12/Serbu Waytuba, yang saat ini BKO di Kodam XII/Tpr, mengecek kesiapan Helikopter Bell 412.

Ada hal menarik, saat pendistribusian bantuan beras dari Pemprov Kalbar,  yang dilakukan oleh Kodam XII/Tanjungpura ke wilayah sulit dijangkau, yaitu Desa Sungkung, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang. Pendistribusian tersebut menggunakan helikopter.

Hal yang menarik adalah, salah satu penerbang helikopter jenis Bell 412 tersebut, adalah seorang wanita. Dia adalah Letnan Dua Penerbang (Letda Cpn K) Alberta Injilia. Wanita cantik Abituren Akademi Militer (Akmil) Tahun 2018. Anong, panggilan akrabnya, sangat bangga bisa menjadi bagian dari tugas kemanusiaan.

Letda Cpn (K) Alberta, saat ini menjabat sebagai Perwira Penerbang II Flite Helikopter Serang Skadron-12/Serbu Waytuba, yang berkedudukan di Pangkalan Udata Angkatan Darat (Lanumad) Gatot Subroto, Waytuba, Way Kanan, Lampung. Skadron 12/serbu mempunyai tugas dan pokok bantuan tempur Penerbad guna memperbesar derajat mobilitas dan daya tembak satuan tempur TNI AD dalam pelaksanaan perasi Militer Perang (OMP), juga berperan dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Skadron 12/Serbu ini diperkuat dengan NBell-412 EP dan 8 unit AS 550 Fennec.

Anong, saat ini melaksanakan Bawah Kendali Operasi (BKO) di Kodam XII/Tpr, dalam rangka mendukung Kodal Pangdam XII/Tpr dan Dorlog Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat.

Lebih menariknya lagi, sosok Kowad cantik ini adalah putri asli kelahiran Kalbar, tepatnya di Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau. Letda Cpn (K) Alberta Injilia adalah Putri Dayak yang lulus Taruni Akmil tahun 2018 lalu.

Penerbang wanita TNI AD ini lahir 14 September 1996 yang merupakan anak ketiga dari empat bersaudara, dari pasangan Arkadius Ardi (59) dan Sopianita (49).

Saat ditemui di Pos Kotis Entikong, disela kegiatannya mempersiapkan helly, ia mengatakan, saat ini dirinya bersama Kapten Cpn Fadli Akbar Sirait serta 6 kru helly lainnya ditugaskan untuk membantu pendistribusian beras bantuan ke wilayah Sungkung yang merupakan daerah sulit diakses dengan menggunakan transportasi darat.

Dirinya mengaku bangga bisa melaksanakan tugas kemanusiaan dalam kegiatan pendistribusian beras bantuan oleh Kodam XII/Tpr untuk warga terdampak Covid-19 di daerah Sungkung.

"Ini merupakan salah satu tugas kemanusiaan, apalagi saya yang asli Kalbar tentunya juga tidak ingin melihat saudara-saudara saya di pedalaman mengalami kesulitan ditengah pandemi ini," katanya.

Menurut perempuan yang juga lulusan SMA Taruna Bumi Khatulistiwa Kubu Raya ini, menjadi bagian dari kegiatan kemanusiaan ini merupakan sebuah panggilan negara yang wajib dilakukan bagi dirinya.

"Kita sesuaikan dengan profesi masing ya, mengatasi pandemi serta dampaknya ini adalah tugas bersama. Apapun latar belakang profesi kita, wajib ikut serta bersama-sama mencegah Covid-19," ujarnya.

Hingga Senin (1/6/2020), sekitar tiga ton beras telah didistribusikan Kodam XII/Tpr ke Sungkung.  Hal tersebut disampaikan Kapendam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., dalam keterangan tertulisnya di Pontianak.

Dijelaskannya, beras bantuan didorong menggunakan helly Bell 412 dari Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, selanjutnya mendarat di Lapangan Dusun Senoleng, Desa Sungkung 3. Hal ini dilakukan karena sulitnya akses transportasi untuk ke wilayah Sungkung.

" Helly terbang sebanyak 5 kali. Dalam setiap shorty, helly mampu mengangkut sebanyak 600 Kg atau 60 karung beras," kata Kapendam.

Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mengatakan, masih ada 3.920 Kg beras bantuan yang akan didistribusikan. Kodam XII/Tpr akan terus berupaya maksimal membantu Pemprov. Kalbar mendistribusikan seluruh beras bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Sungkung.

"Semoga cuaca besok bagus, sehingga kita bisa melanjutkan distribusi beras bantuan," harap Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., mengakhiri. (aep mulaynto)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda