Sosok post authorAdmin 18 Maret 2020

Kisah Petugas Medis Indonesia yang Berjuang Tangani Pasien Virus Corona (1)

Photo of Kisah Petugas Medis Indonesia yang Berjuang Tangani Pasien Virus Corona (1) DOKTER HANDOKO - Spesialis paru di Rumah Sakit Graha Kedoya, Jakarta Barat, Dokter Handoko Gunawan, saat melakukan perawatan pasien dan kemudian dirawat sebagai pasien.suara pemred/ist 

Pengabdian Mulia Dokter Handoko Gunawan yang Pernah Tugas di Pontianak

Nama Dokter Handoko Gunawan, menjadi pembicaraan di media sosial, usai cerita tentang dirinya yang menangani pasien Covid-19 beredar di media sosial. Dokter berusia 80 tahun itu tetap menjalankan tugasnya sebagai spesialis paru di Rumah Sakit Graha Kedoya, Jakarta Barat, meski telah dilarang anak-anaknya lantaran rentan tertular virus corona.

Akun facebook Novia Kusumawardhani, yang pertama kali membagikan kisah tersebut, mengungkapkan bahwa dokter Handoko bahkan masih merawat pasien hingga pukul 03.00 WIB dinihhari. Tak lama pascapostingan tersebut menjadi trending topic di Twitter, beredar kabar bahwa dokter Handoko saat ini sakit dan menjalani perawatan di ICU karena mengalami sesak napas.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pihak keluarganya dan mengatakan bahwa dokter Handoko sudah dalam penanganan rumah sakit dan staf medis yang kompeten.

"Dr. Handoko dalam kondisi sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik, tentunya komunikasi dibatasi," ungkap salah satu pihak keluarga dokter Handoko.

Pihak keluarga juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang turut mendoakan dokter Handoko.

"Kami keluarga besar Dr. Handoko Gunawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian, simpati, dan doa-doa yang dipanjatkan utk Dr Handoko Gunawan, baik dari teman, kerabat, netizen dan seluruh lapisan masyarakat yang memberikan semangat dan dukungan," ucapnya.

Dokter Handoko Gunawan, aalah dokter paru yang ikut “berperang” mengurus sejumlah pasien positif corona (Covid-19). Ia turut ikut menangani pasien corona hingga larut meski sudah sepuh.

Keaslian cerita soal Handoko yang viral itu dibenarkan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto. Saat ini, Handoko turut membantu menangani virus corona di Rumah Sakit Graha Kedoya, yang merupakan rumah sakit non-rujukan pemerintah.

Banyak warganet juga mengucapkan terima kasih atas jasa Handoko yang berkomitmen untuk menangani virus corona meski usianya tak muda lagi.

Ternyata, Dr Handoko Gunawan, Sp.P pernah bertuga di Pontianak. Ia merupakan mantan Kepala Badan Pusat (BP) Paru Pontianak, pada tahun 1990an. Mengutip status facebook Drg Heru Djarkasie, yang menjelaskan bahwa kondisi Dr Handoko Gunawan saat dalam keadaan baik dan dirawat intensif.

“Dahulu saya memanggilnya, Om Handoko. Kini beliau telah berusia 80 tahun, namun memilih bekerja keras hingga jam 03.00 dinihari, melayani pasien terduga corona di Jakarta,” begitu kutipan status facebooki Drg Heru Djarkasie.

Menurut Drg Heru, Dr Handoko sudah diingatkan oleh keluarga, karena beresiko tertular. Namun beliau ingin mengabdikan diri pada kemanusiaan. “Dan saat ini beliau terbaring di ICU. Semoga beliau segera kembali pulih,” aamiin,” ujar Drg Heru. (cnnindonesia.com/mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda