Sport post authorBob 03 Desember 2021

Siap Gelar Kejurnas Youth dan Junior,  Siapkan Satu Unit Rumah, Ketum Pertina Kalbar Terus Motivasi Petinju Muda Lolos ke PON XXI Aceh-Sumut

Photo of Siap Gelar Kejurnas Youth dan Junior,  Siapkan Satu Unit Rumah, Ketum Pertina Kalbar Terus Motivasi Petinju Muda Lolos ke PON XXI Aceh-Sumut Ketum Pengprov Pertina Kalbar, H. Hasbani, SH

KETUA Umum Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Ketum PERTINA) KalBar, H. Hasbani terus memberikan suppor terbaik dan dukungan untuk peningkatan prestasi atlet.

Dukungan terbaik disampaikan H. Hasbani pada pembukaan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju Kalbar yang bertajuk Dandim 1203 Ketapang Cup 2021. Kejurda ini diikuti oleh para petinju muda terbaik di Kalbar.

Pada upacara pembukaan, Rabu, 24 November 2021, di hadapan jajaran Pejabat Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Ketapang, atlet, pelatih, manager kejuaraan, dan jajaran pengurus Tinju se-Kalbar, ia menyampaikan akan memberikan apresiasi terbaiknya.

“Bagi petinju yang lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut, dan meriah medali emas, maka akan ada bonus berupa tali asih dari saya, yaitu satu unit rumah,” ujar H. Hasbani yang kemudian disambut dengan tepuk tangan peserta yang ada.

Menurut H. Hasbani, apresiasi ini diberikan sebagai motivasi kepada petinju Kalbar, agar terus berlatih intensif, berjuangan tak kenal lelah, dalam rangka mewujudkan prestasi terbaiknya.

Ia juga menyebutkan, kepengurusan Pengprov Pertina Kalbar Masa Bakti 2021-2025, akan terus memberikan pembinaan terbaik. Selain nantinya melengkapi sarana dan prasarana (Sapras), lalu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan rutin menyelenggarakan Kejurda.

“Sarpras sangat penting, namun peningkatan SDM, berupa pelatihan wasit, juri, dan pelatih, juga penting lewat pelatihan-pelatihan. Lalu adanya Kejurda sebagai salah satu indikator pengukur pembinaan selama ini,” lanjut H. Hasbani.

Untuk Kejuaraan, papar H. Hasbani, Pengprov Pertina Kalbar, tidak hanya akan menyelenggarakan Kejurda. Namun, juga siap menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Dengan menggelar Event ini, tentunya akan menjadi salah satu cara terbaik meningkatkan prestasi atlet.

“Insyaallah, kita sudah diberi mandate oleh PP Pertina untuk menggelar Kejurnas Youth dan Junior. Kejurnas ini akan dilaksanakan pada Bulan Juli 2022. Semua petinju muda terbaik Kalbar harus turun pada Kejurnas ini,” ujarnya.

  1. Hasbani juga mengapresiasi Pengkab Pertina Ketapang, yang sukses mempersiapkan dan menyelenggarakan Kejurda Tinju Dandim 1203 Ketapang Cup 2021.

‘Terutama kepada Bapak Dandim, yang sudah memfasilitasi semua hal untuk Kejurda ini. Pemkab Ketapang, melalui Disporapar Kalbar, Bapak Sekda yang sduah hadir saat pembukaan, dan seluruh insan Tinju Kalbar. Semoga Kejurda ini menjadi sarana peningkatan prestasi atlet,” tutur H. Hasbani.

Sebelumnya, Kodim 1203/Ktp, bekerja sama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Ketapang, menggelar Kejurda Tinju Amatir Dandim Cup 1203/Ktp Tahun 2021.

Kejuaraan ini berlangsung di GOR Pelti Ketapang, Jalan RM Sudiono, Kelurahan Tengah, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, 24-27 November 2021. Pembukaan sendiri berlangsung pada Rabu (24/11).

Pada acara pembukaan, hadir Unsur Forkopimda Ketapang, Kadispora Ketapang, Ketua Pengprov Pertina Kalbar, Ketua Pengcab Pertina Ketapang dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Dandim 1203/Ktp, yang diwakili Pasi Intel Kodim 1203/Ktp, Kapten Inf Iqnatius Andi mengatakan, Kejurda Tinju Amatir Dandim Cup 1203/Ktp Tahun 2021 sangat positif dan bernilai strategis sebagai salah satu implementasi dari kegiatan Binter terbatas.

“Sekaligus wujud kepedulian dan tanggung jawab moril Kodim 1203/Ktp dalam meningkatkan prestasi cabang olah raga tinju amatir di wilayah Ketapang khususnya maupun Kalimantan Barat dan Nasional pada umumnya,” ujarnya.

Adapun tujuannya adalah untuk menghasilkan petinju-petinju berbakat dan berprestasi tidak cukup dengan memperbanyak atau membentuk sasana tinju baru, tetapi hal yang pokok adalah bagaimana kita dapat melakukan pembinaan secara terpadu dan berkesinambungan.

“Salah satu upayanya, kita perlu meningkatkan intensitas latihan dan frekuensi pertandingan dalam suatu turnamen atau kejuaraan,” papar Kapten Inf Ignatius Adi.

Lebih lanjut ia menyatakan, dengan intensitas latihan yang tinggi dan seringnya para petinju mengikuti kejuaraan kita dapat mengukur tingkat keberhasilan pembinaan yang dilakukan selama ini.

“Berkaitan dengan itu kejuaraan tinju amatir Dandim Cup 1203/Ktp dapat digelar secara rutin tiap tahun dan masuk dalam event kejuaraan resmi, baik tingkat daerah maupun nasional di masa yang akan datang," tandasnya.

Sementara harapannya, papar Pasi Intel, melalui Olahraga Tinju seperti ini, generasi muda secara umum dapat berpartisipasi dalam bidang pertahanan negara, cinta NKRI demi kemajuan bangsa melalui latihan yang disiplin serta melalui kegiatan positif yang dapat membangun semangat juang, bekerja dan berkarya untuk mencapai  sebuah prestasi sehingga melahirkan para generasi muda yang lebih unggul.

“Serta menemukan bibit-bibit berbakat yang mampu mengusung prestasi tinju amatir, nasional serta melahirkan petinju berbakat untuk dipromosikan menjadi petinju profesional dalam berbagai kelas demi mengharumkan nama bangsa dan negara di percaturan tinju internasional di masa akan datang,” tuturnya. (*)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda