Sport post authorBob 06 Desember 2021

320 Peserta Ramaikan Kejuaraan Menembak Nasional Piala Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya di Yonko 465 Paskhas Brajamusti

Photo of 320 Peserta Ramaikan Kejuaraan Menembak Nasional Piala Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya di Yonko 465 Paskhas Brajamusti 320 Peserta Ramaikan Kejuaraan Menembak Nasional Piala Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya di Yonko 465 Paskhas Brajamusti
KUBU RAYA, SP - Kejuaraan Menembak Nasional Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Cup 2021 resmi dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sabtu (4/12/2021). Sebanyak 320 atlet berpartisipasi pada kejuaraan yang digelar di Lapangan Tembak Batalyon Komando 465 Paskhas Brajamusti, Kecamatan Sungai Raya tersebut. 
 
Ketua Perbakin Kabupaten Kubu Raya Sujiwo menjelaskan, sebanyak 320 peserta yang ikut serta pada kejuaraan berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Dari total peserta itu, sebanyak 100 atlet berpartisipasi pada kategori pistol, 190 atlet pada kategori PCV, dan 30 atlet ikut serta pada kategori PCC. 
 
"Peserta ini ada yang berasal dari Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Yogyakarta, serta berbagai daerah di Kalimantan Barat," ujarnya saat diwawancarai awak media seusai pembukaan kejuaraan. 
 
Sujiwo yang juga Wakil Bupati Kubu Raya ini menambahkan bahwa tujuan diadakannya kejuaraan ini ialah untuk menjaring para petembak berbakat asal Kalimantan Barat. Di samping itu, Ia juga berharap kejuaraan ini dapat melatih mental bertanding para petembak lokal.
 
Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyebut kejuaraan ini layak dijadikan sebagai agenda rutin yang diadakan sekali setahun. Hal itu mengingat kejuaraan tersebut menciptakan dampak berganda atau multiplier effect bagi perekonomian dan pariwisata daerah. 
 
"Kejuaraan nasional seperti ini juga bertujuan untuk Sport Tourism dan dampak positifnya akan sangat banyak. Peningkatan UMKM, kemudian jasa-jasa perhotelan, kuliner kita semakin dikenal, dan utamanya juga prestasi menembak Kubu Raya yang semakin meningkat," tuturnya.
 
Menurut Muda, dampak positif lain yang diciptakan oleh kejuaraan ini ialah menumbuhkan semangat atlet lokal untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam menembak. Kejuaraan ini juga disebutnya dapat menjadi tempat menimba pengalaman bagi para atlet muda.
 
"Semoga sesuai dengan slogan Kubu Raya dapat membuat Kubu Raya semakin menanjak, menanjakkan prestasi dan kesejahteraan masyarakat," harapnya.
 
Dalam kesempatan ini, Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji memberikan apresiasi tinggi atas diselenggarakannya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak oleh Perbakin Kalbar.
 
"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya mengucapkan terima kasih dan selamat mengikuti Kejuaraan Nasional Menembak. Event seperti ini harus sering diselenggarakan di Kalbar agar para atlet terbiasa mengikuti berbagai pertandingan," pinta H. Sutarmidji.
 
Para atlet pada ajang diminta untuk dapat mengasah mental yang matang hingga ke ajang pertandingan yang lebih tinggi.
 
"Selain sebagai event Kejurnas, pertandingan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para atlet menembak Kalbar," harap Gubernur.
 
Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memberi dukungan penuh terhadap cabang olahraga yang bisa menjadi andalan, salah satunya dengan semakin sering mengadakan kejuaraan untuk dapat melihat kemampuan para atlet.
 
"Bersama Disporapar Prov Kalbar, saya akan melihat jenis olahraga yang bisa menjadi andalan Kalbar, salah satunya adalah olahraga menembak. Kemudian, kami akan melihat jenis kejuaraan lainnya yang bisa diselenggarakan agar bisa menjadi olahraga andalan Kalbar," jelas H. Sutarmidji.
 
Gubernur berharap olahraga menembak yang berada di bawah naungan Perbakin Kalbar dapat dikembangkan dari pembinaan atlet serta peningkatan sarana dan prasarana yang memadai.
 
"Mudah-mudahan olahraga menembak ini dapat dikembangkan, sehingga olahraga ini bisa meningkatkan peringkat Kalbar di jajaran nasional," tutup Gubernur. (lwu)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda