Sport post authorBob 07 September 2021

Jelang pembukaan, KONI Selenggarakan Virtual Run Kirab Api PON XX

Photo of Jelang pembukaan, KONI Selenggarakan Virtual Run Kirab Api PON XX Jelang pembukaan, KONI Selenggarakan Virtual Run Kirab Api PON XX

PEKAN Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 akan bergulir pada 2–15 Oktober 2021 mendatang. Dalam rangka menyongsong festival olahraga terbesar Indonesia ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) resmi meluncurkan Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021.

Acara peluncuran Virtual Run Kirab Api PON dilakukan secara daring pada Rabu (1/9/2021) sore WIB.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marcio Norman serta Sekjen KONI Pusat Tb. Lukman Djajadikusuma hadir pada kesempatan ini.

Marcio Norman mengungkapkan kirab api sejatinya merupakan tradisi dalam menyambut pelaksanaan PON. Akan tetapi, pandemi Covid-19 membuat acara ini harus dilaksanakan dalam format berbeda.

“Dalam penyelenggaraan PON, proses Kirab Api selalu jadi tradisi. Namun, karena situasi pandemi, proses Kirab Api PON tidak bisa dilakukan sepenuhnya, sehingga sebagian dilakukan secara virtual,” ungkapnya dalam konferensi pers.

Seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat turut memeriahkan PON Papua dengan ikut serta dalam Virtual Run Kirab Api kali ini. Pasalnya, acara tersebut menjadi sarana yang membuktikan bahwa Indonesia dapat tetap produktif, meski berada di tengah pandemi.

Lebih lanjut, TB. Lukman Djajadikusuma juga menilai bahwa PON merupakan momentum yang menandai persatuan serta kebangkitan bangsa Indonesia dari pandemi.

“PON XX Papua merupakan momentum persatuan bangsa Indonesia melalui pekan olahraga. PON (juga) menjadi momentum kebangkitan bangsa Indonesia dari pandemi COVID-19,” ujar Sekjen KONI Pusat tersebut dalam acara peluncuran Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021.

Guna menambah motivasi masyarakat untuk ikut serta dalam acara ini, KONI yang bekerja sama dengan Tribun EO, menyediakan suvenir unik bagi para peserta Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021, yakni medali dan jersey.

Adapun, medali dan jersey tersebut bakal memiliki tampilan dan desain serupa dengan medali dan jersey milik para atlet PON 2021. Bedanya, logo dan nama cabang olahraga yang tertera di bagian belakang medali serta jersey akan disesuaikan dengan identitas Virtual Run Kirab Api.

Masyarakat yang tertarik berpartisipasi dapat mendaftarkan diri melalui laman kirabapiponvr.com serta memilih kategori lomba: 5K, 10K, 21K, 42K. Pendaftaran dibuka sejak 1 September 2021 dan akan terus berlangsung hingga slot virtual run penuh.

Selain meluncurkan Virtual Run Kirab Api PON XX Papua 2021, KONI juga mengadakan talkshow singkat bertajuk “Berprestasi di Saat Pandemi” bersama para pencetak rekor MURI: Feby Sofia Bunda, Adriansyah Chaniago, dan I Made Subaga.

Adapun, Feby dan Adriansyah berhasil mencatatkan rekor lari tanpa henti terlama di treadmill dengan jarak 100K. Sementara itu, I Made Subaga, yang merupakan Founder Riot Indonesia, sukses memegang rekor lomba lari 5K serentak di lokasi wisata terbanyak. (ant/cnn)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda