Sport post authorBob 08 April 2021 42

Ditarget Selesai pada Juli 2021, Mandalika Circuit Pukau Legenda MotoGP

Photo of Ditarget Selesai pada Juli 2021, Mandalika Circuit Pukau Legenda MotoGP Mandalika Circuit Pukau Legenda MotoGP

LEGENDA MotoGP, Loris Capirossi mengaku puas lihat perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika yang direncanakan jadi sirkuit untuk MotoGP Indonesia.

Capirossi yang juga menjadi Safety Advisor untuk Dorna, ikut dalam rombongan yang melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika. Setelah melakukan inspeksi, Capirossi mengaku puas.

"Inspeksi Lombok selesai dengan rasa puas, saya rasa kalian bisa melihatnya," ucap Capirossi dalam akun instagram miliknya.

"Melihat trek dari gambar dan secara langsung itu berbeda, sangat mengejutkan karena trek ini akan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan progresnya."

"Tentu setiap orang tahu masih banyak hal yang harus dikerjakan, tapi kami tidak sabar lagi menyaksikan MotoGP di sini dan kami yakin para pebalap MotoGP akan menyukainya," ucap Ezpeleta dikutip dari Antara.

Managing Director Dorna Carlos Ezpeleta menyatakan tak sabar menyaksikan gelaran MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika punya waktu tiga bulan untuk menyelesaikan pembangunan sirkuit sebelum homologasi final yang dijadwalkan pada pertengahan tahun.

Sirkuit Mandalika bakal terus melanjutkan proses pembangunan hingga homologasi dilakukan. Pembangunan Sirkuit Mandalika dijadwalkan rampung 100 persen pada Juli 2021.

Indonesia sudah masuk dalam kalender World Super Bike (WSBK) 2021 dan masuk dalam daftar cadangan seri MotoGP 2021. Indonesia terakhir kali jadi tuan rumah seri grand prix pada 1997 di Sirkuit Sentul.

Ezpeleta menyatakan bahwa semua hal sudah harus selesai saat homologasi nanti termasuk marshal, medis, pusat medis, dan trek.

"Tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata seberapa pentingnya MotoGP kembali ke Indonesia. Ini adalah pasar yang besar bagi kami dan bagi para pabrikan serta basis fan Indonesia, MotoGP itu tidak ada duanya.

"Jadi kami senang bisa kembali dan menantikan hari itu tiba," ungkap Ezpeleta.

Indonesia menyatakan bakal menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika pada Juli 2021 mendatang.

Perwakilan Dorna yang datang ke Sirkuit Mandalika pada Rabu (7/4) mengaku puas dengan kondisi pembangunan sirkuit saat ini. Namun saat proses homologasi nanti, sirkuit harus selesai 100 persen.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo memastikan infrastruktur sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tuntas Juli 2021.

"Soal gelaran MotoGP akan ada pembahasan lagi dengan pihak Dorna Sports. Saat ini pemerintah punya kewajiban menyelesaikan seluruh infrastruktur sirkuit," tutur Kartika dikutip dari Antara.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (kedua kanan) bersama Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta (tengah) saat tiba di Bandara Internasional Lombok di Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (7/4).

Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer juga menegaskan upaya pembangunan sirkuit adalah prioritas yang harus diselesaikan sampai tenggat waktu Juli.

 

Sebelumnya perwakilan Dorna, Carlos Ezpeleta menyatakan saat homologasi nanti, Sirkuit Mandalika harus sudah selesai 100 persen.

"Untuk homologasi, semuanya harus selesai termasuk marshal, medis, pusat medis dan trek itu sendiri. Menurut linimasa yang kami terima dari MGPA, kami terus sesuai jadwal," kata Ezpeleta. (oto)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda