Sport post authorBob 09 April 2021 2,579

Seleksi Timnas Indonesia di Kalbar, Coach Indra Sjafri Puji Skill Pesepakbola Muda Bumi Khatulistiwa

Photo of Seleksi Timnas Indonesia di Kalbar, Coach Indra Sjafri Puji Skill Pesepakbola Muda Bumi Khatulistiwa FOTO BERSAMA - Direktur Teknik PSSI, Coach Indra Sjafri foto bersama dengan peserta seleksi Timnas Usia Muda dari Kalbar di Lapangan PSP Keboen Sajoek, Jumat (9/4/2021). Ist

DIREKTUR Teknik Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Coach Indra Sjafri memuji skill para pesepakbola usia muda Kalbar. Menurutnya, pesepakbola usia muda Kalbar, punya talenta untuk menjadi pemain Timnas Indonesia.

Pujian tersebut disampaikan Coach Indra saat menyeleksi calon pemain U-16 dan U-19 Indonesia. Seleksi sendiri berlangsung di Lapangan PSP Keboen Sajoek, Pontianak, Jumat (9/4/2021).

“Secara umum, sama seperti di daerah lain, kualitas pesepakbola muda di Indonesia bagus-bagus. Mereka usia muda, sehingga ke depannya, tergantung pembinaan yang dilakukan, agar bakat mereka terarah dan terasah,” kata Coach Indra.

Untuk itu, lanjutnya, harus ada pelatihan yang kontinyu, termasuk komptisi yang dilakukan berjenjang dan secara terus menerus. Ia menjelaskan, hanya dengan kompetisi yang rutin dilakukan, pembinaan pemain muda bisa dilakukan.

“Muaranya tetap kompetisi, di mana para pemain pastinya termotivasi untuk berlatih. Dengan adanya kompetisi, maka ada ukuran yang jelas bagi pemain untuk membela Timnas Indonesia,” paparnya.

“Saya berharap dan berdoa, semoga tahun ini, sudah mulai bisa menggelar kompetisi, setelah pada 2020, kita diserang pandemi Covid-19 dan tidak satu pun kompetisi yang dilaksanakan,” lanjut mantan pelatih Timnas U-19 ini.

Coach Indra juga menyatakan, bahwa PSSI telah mengagendakan pembinaan pemain Timnas sesuai jenjangnya. Hal ini didasari berbagai kondisi yang ada, termasuk dibatalkannya penyelenggaraan kejuaraan, termasuk Piala Dunia U-20 di Indonesia.

“Pada awal tahun, konfederasi sepakbola Asia, AFC sudah mengumumkan kejuaraan Piala Asia U-19 dan U-16 batal terlaksana, lantaran masih tingginya kasus Covid-19. Untuk itu, saya langsung menyusun program anyar untuk Timnas Indonesia U-16 dan U-19 selanjutnya,” tuturnya.

Salah satunya, kata Coach Indra, adalah menyusun skuat Timnas U-19 anyar yang diproyeksikan bisa tampil di Piala Dunia U-20 pada Tahun 2023. Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan bergulir pada Mei 2021, namun dibatalkan. 

Meski demikian, FIFA masih memberikan kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023.

“Untuk itu, kami segera bentuk Timnas U-19 kelahiran 2003, 2004 dan 2005. Proyeksinya adalah Piala Dunia U-20 Tahun 2023. Kami adakan seleksi ke 34 Asprov PSSI di daerah,” ujar Coach Indra.

Ketua Asprov PSSI Kalbar, Setyo Gunawan menjelaskan, bahwa seleksi Timnas U-16 dan U-19 Asprov PSSI Kalbar diikuti oleh 26 pemain, dengan rincian enam U-16 dan 20 U-19. Mereka adalah pemain usia muda dari delapan kabupaten, yang mengikuti seleksi daerah pada 13-14 Maert 2021.

“Pada seleksi pertama, ada 96 pemain yang mengikuti. Mereka berasal dari delapan Asprov PSSI kabupaten/kota, di antaranya Sambas, Singkawang, Mempawah, Kapuas Hulu, Ketapang, Landak, Kota Pontinak, dan Kubu Raya,” kata Setyo.

Usai seleksi tingkat Region Kalimantan ini, Setyo pun berharap agar ada pesepakbola muda Kalbar yang bisa lolos seleksi tingkat nasional. Menurutnya, sesuai pantauan dari tim seleksi PSSI Pusat, yang terdiri dari Coach Indra Sjafri dan Bimas Sakti untuk U-16, kualitas dan skill pesepakbola Kalbar, secara umum sangat baik.

“Semoga, ke depanya PSSI bisa menyelenggarakan kejuaraan, agar bakat dan kemampuan pemain bisa semakin terarah dan terasah. Asprov PSSI Kalbar pastinye menyesuaikan arahan dari PSSI pusat,” pungkasnya. (mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda