Sport post authorBob 09 Agustus 2020 80

Catat Rekor, Brad Binder Juara MotoGP Ceko

Photo of Catat Rekor, Brad Binder Juara MotoGP Ceko Brad Binder Juara MotoGP Ceko

SERI ketiga Motogp 2020 yang berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Minggu (9/8/2020) malam WIB, menjadikan ajang para pembalap muda unjuk gigi. Pemenangnya adalah Red Bull KTM, Brad Binder, yang meraih podium pertama.

Binder berhak menjadi juara MotoGP Ceko, setelah finis di urutan pertama. Bagi Binder, ini merupakan podium pertama dalam kariernya di kelas utama MotoGP. Hasil ini terbilang mengejutkan, sebab Brad Binder merupakan pembalap berstatus rookie pada gelaran MotoGP 2020. Pada musim sebelumnya, dia tampil di Kejuaraan Dunia Moto2 dan menjadi runner up dengan koleksi 259 poin.

Ia hanya terpaut tiga angka dari sang juara, Alex Marquez (262), yang saat ini juga tampil di kelas MotoGP bersama Repsol Honda. Kendati berstatus sebagai rookie, Brad Binder mampu menujukkan kualitasnya pada MotoGP Ceko 2020.

Dia mengungguli Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha SRT yang menduduki peringkat kedua. Bagi Binder ini merupakan podium pertama dalam kariernya di kelas utama MotoGP.  Sementara itu, peringkat ketiga pada balapan MotoGP Ceko dihuni pembalap tim Reale Avintia, Johann Zarco.

Dia sejatinya mengawali balapan dari pole position alias urutan terdepan, tetapi gagal start dengan baik. Pada awal balapan, dia langsung disalip duo pembalap tim Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

Selanjutnya, posisi keempat dan kelima diduduki Aleix Rins (Suzuki Ecstar) serta Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha). Aleix Rins tampil impresif setelah memulai balapan pada urtuan ke-11. Begitu juga bagi Rossi, yang start dari peringkat ke-10.

Di awal balapan, Franco Morbidelli langsung melesat ke posisi pertama usai memulai balapan dari posisi tiga. Johann Zarco yang memulai balapan dari posisi pertama turun ke posisi keempat di lap ke-4. 

Sementara itu, pemuncak klasemen Fabio Quartararo menguntit satu detik di belakang Morbidelli. Pada lap ke-9, Pol Espargaro terjatuh dan terpaksa mundur dari balapan. Ia bersenggolan dengan dengan Johann Zarco.

Memasuki paruh kedua balapan, Morbidelli masih memimpin di posisi pertama. Di peringkat kedua dan ketiga ada Brad Binder dan Johann Zarco. Satu lap setelahnya, Binder berhasil melewati Morbidelli.

Kedua pembalap meninggalkan sisa 16 pembalap lain memperebutkan peringkat pertama. Cukup mengesankan, sebab ini adalah musim pertama Binder di seri balapan MotoGP.

Sampai balapan selesai, Binder berhasil mempertahankan posisi pertama. Ia jadi rookier pertama yang menjadi juara kelas utama MotoGP sejak Marc Marquez beberapa tahun lalu. (rtr/oto)

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda