Sport post authorBob 10 Januari 2022

Petenis Cantik Indonesia Dapat Wildcard Australian Open, Aldila Sutjiadi Incar Babak Utama

Photo of Petenis Cantik Indonesia Dapat Wildcard Australian Open, Aldila Sutjiadi Incar Babak Utama Petenis Cantik Indonesia Dapat Wildcard Australian Open, Aldila Sutjiadi Incar Babak Utama

PETENIS Putri Indonesia, Aldila Sutjiadi mendapatkan wildcard ke Australian Open. Juara tunggal putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua ini akan bermain di Nomor Ganda Putri bersama Peangtarn Plipuech, petenis cantik asal dari Thailand.

"Sangat bersemangat untuk mengumumkan bahwa saya dan @tsu_earth akan bermain di undian utama ganda pada Australian Open," kata Aldila lewat unggahan tiga foto bersama mitranya itu di Instagram, Sabtu.

"Terima kasih sekali kepada @australianopen dan @tennisaustralia yang telah memberikan wildcard ganda putri Asia-Pasifik kepada kami. Kami sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan dan tidak sabar untuk bermain di AO," ujarnya menambahkan.

Petenis berusia 26 tahun itu saat ini telah berada di Australia untuk mengikuti ITF World Tour Tennis Tour W60+H di Traralgon, negara bagian Victoria.

Aldila bermain di nomor ganda bersama Catherine Harrison dari AS.

Dalam laga final yang berlangsung Minggu (9/1), keduanya harus puas menjadi runner up setelah kalah dari Emina Bektas (AS)/Tara Moore (Inggris) 6-0 6-7 (8-10).

Selanjutnya, Aldila akan mengikuti turnamen WTA 250 Adelaide International 2 dan diketahui akan menghadapi mantan petenis No.46 dunia Danka Kovinic dari Montenegro pada babak kualifikasi.

"Harus terbang besok pagi ke Adelaide, lalu main single di siang harinya," kata Aldila.

Aldila debut di WTA Tour berkompetisi dalam tur tenis tingkat utama dunia bagi petenis profesional wanita untuk pertama kalinya dalam undian utama WTA pada 2021 bersama dengan 63 petenis lainnya, termasuk juara US Open 2021 Emma Raducanu.

Dalam PON XX Papua Oktober lalu Aldila menyabet emas tunggal putri. Dia bersama Christopher Rungkat juga membawa pulang emas ganda campuran.

Bersama Christopher pula Aldila memenangi emas Asian Games 2018 dan SEA Games 2019. Dia juga membawa pulang emas tunggal putri pada SEA Games 2019.

Sebelumnya, Tiga petenis putri Indonesia, yakni Jessy Rompies, Beatrice Gumulya dan Aldila Sutjiadi telah menyusun agenda turnamen awal 2022 untuk mengikuti seri kejuaraan ITF World Tennis Tour di Australia.

 

"Kemungkinan besar ke Bendigo, Australia awal tahun depan," kata Jessy dalam keterangan tertulis Persatuan Tenis Lapangan Seluruh Indonesia (Pelti) di Jakarta.

Jessy akan mengikuti turnamen Bendigo Internasional yang akan digelar pada 3-10 Januari 2022. Pemeringkat ke-166 ganda dunia tersebut bakal berduet dengan petenis Spanyol Cristina Bucsa dalam turnamen yang menyediakan total hadiah 60.000 dolar AS atau sekitar Rp850 juta itu.

"Sementara yang pasti baru turnamen ITF itu, sedangkan yang seri WTA masih berada di daftar alternates," ujar Jessy.

"Jadi, masih menimbang-nimbang keberangkatan juga. Kalau hanya satu turnamen memang rada nanggung karena baliknya harus karantina 14 hari di Tanah Air," tambahnya.

Meskipun sama-sama menuju Australia, Beatrice Gumulya belum memutuskan turnamen yang akan ia ikuti.

"Antara Bendigo dan Traralgon karena waktunya bersamaan," ujar Bea yang saat ini bertengger di posisi ke-197 ganda dunia. Beatrice akan menggandeng wakil tuan rumah Naikhta Bains.

Sementara itu, Aldila Sutjiadi sudah masuk daftar kualifikasi tunggal ITF World Tennis Tour W60+H di Traralgon, Australia, yang akan berlangsung pada 3-10 Januari 2022. Aldila juga akan turun di nomor ganda berpasangan dengan Peangtarn Plipuech dari Thailand. (rtr/ant)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda