Sport post authorBob 13 Oktober 2021

Pertina Kalbar Siap Selenggarakan Kejurnas, Hadiri Mukernas Tahun 2021 di Provinsi Papua

Photo of Pertina Kalbar Siap Selenggarakan Kejurnas, Hadiri Mukernas Tahun 2021 di Provinsi Papua FOTO BERSAMA - Pengurus Pengprov Pertina Kalbar, turut menghadiri Mukernas Tahun 2021, yang berlangsung di Aula Tony Rompis, Kodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Papua, Selasa (12/10). suara pemred/aep mulyanto

PENGURUS Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kalbar, turut menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Tahun 2021. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka Evaluasi Program Tahun Berjalan, berlangsung di Aula Tony Rompis, Kodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Papua, Selasa (12/10).

Dalam Mukernas ini, Pengprov Pertina Kalbar langsung dipimpin oleh Ketua Umum (Ketum) Hasbani, Wakil Ketum, Kristina Ida, dan Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres), Gusti Agus Helmi. Tampak pula Sekretaris Umum (Sekum) Pertina Kalbar, yang juga merupakan Pengurus Pusat (PP) Pertina, Ramli Ramlan.

Adapun agenda utama yang dibawa oleh Pengprov Pertina adalah mengusung Kalbar menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

“Alhamdulillah, kita sudah direstui sebagai penyelenggara Kejurnas kelas Junior dan Youth. Insyaallah akamn diselenggarakan pada Bulan Juli 2022,” ujar Hasbani.

Untuk mempersiapkan diri, lanjutnya, Pengprovb Pertina Kalbar pun akan segera melalukan berbagai hal. Karena, sebagai penyelenggara Kejurnas, maka tidak hanya sukses penyelenggaraan saja yang dibidik, namun juga sukses prestasi dengan melahirkan juara-juara Kejurnas dari Kalbar.

“Kita akan sosialisasikan persiapan Kejurnas ke semua Pengcab di Kabupaten/Kota. Kita bertekad, menjadi tuan rumah yang baik, di mana sukses penyelenggaraan dan prestasi,” tuturnya.

Mukernas Pertina sendrii, dibuka oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (Ketum PP) Pertina, Mayjen TNI (Purn) periode 2020-2024 Komaruddin Simanjuntak. Seluruh Pengprov Pertina dan para petinggi PP Pertina, yang kini berada di Jayapura menyaksikan Cabor Tinju PON XX 2021 Papua.

Mukernas Pertina menyampaikan Program Kerja Masa Bakti 2021 dan  program satu tahun ke depan. Antara lain, sejauh mana kinerja wasit/hakim. Seperti janjinya, wasit/hakim harus adil dan jujur ketika memimpin pertandingan.

PP Pertina juga akan mengunjungi setiap Pengprov Pertina di seluruh Tanah Air, untuk melihat langsung kinerja Pengprov Pertina.

 

“Disitu bisa dilihat pengurus mana yang bisa bekerja untuk memajukan prestasi tinju nasional dan mana yang hanya ngomong, tapi tidak berbuat,” tegas Mayjen TNI (Purn) Komaruddin.

Sejauh ini Pertina telah mengistiratkan 11 wasit dari tugas PON Papua 2021 menyusul beberapa insiden yang terjadi di GOR Cendrawasih, Jayapura. Mereka tidak lagi memimpin pertandingan hingga PON Papua usai.

"Kinerja wasit dan hakim di PON Papua ini mendapat sorotan dari banyak pihak. Dari 34 wasit yang memimpin pertandingan, kami telah menonjobkan 11 orang. Mereka dibebas tugaskan hingga pertandingan tinju PON berakhir," kata Djasman Abubakar, wakil sekjen PP Pertina.

PP Pertina juga akan mengunjungi setiap Pengprov Pertina di seluruh Tanah Air, untuk melihat langsung kinerja Pengprov Pertina.

“Disitu bisa dilihat pengurus mana yang bisa bekerja untuk memajukan prestasi tinju nasional dan mana yang hanya ngomong, tapi tidak berbuat,” tegasnya.

Pada pelaksanaannya, juga membahas perwakilan resmi Indonesia di Association Internationale de Boxe Amateur (AIBA) atau Badan Tinju Amatir Sedunia dan Asian Boxing Confederation (ASBC) atau Badan Tinju Asia.

Peserta Mukernas juga sepakat bila ada perwakilan resmi Indonesia di AIBA dan ASBC, yang harus pengurus Pertina, bukan orang di luar Pertina. (mul) 

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda