Sport post authorBob 17 Juni 2021

Manuel Locatelli, Bintang Kemenangan saat Italia Hajar Swiss di Euro 2020

Photo of Manuel Locatelli, Bintang Kemenangan saat Italia Hajar Swiss di Euro 2020 Manuel Locatelli, Bintang Kemenangan saat Italia Hajar Swiss di Euro 2020

GELANDANG timnas Italia, Manuel Locatelli terpilih sebagai star of the match seiring dua gol yang ia cetak ke gawang Swiss di laga grup A Euro 2020 (Euro 2021).

Italia menghadapi perlawanan alot Swiss di duel kedua yang mereka jalani di Euro 2020. Saat pertandingan memasuki menit ke-24, Italia harus kehilangan sang kapten, Giorgio Chiellini karena cedera.

Hal itu merupakan kekecewaan kedua karena lima menit sebelumnya, gol Chiellini tidak disahkan wasit lantaran handball lewat pantauan VAR.

Dalam suasana yang kurang menguntungkan, Locatelli berhasil jadi pemecah kebuntuan. Locatelli mencetak gol di menit ke-26 saat ia menceploskan bola umpan matang Domenico Berardi.

Gol pertama Locatelli bakal mengundang decak kagum bila melihat proses gol tersebut secara keseluruhan. Pasalnya, Locatelli adalah sosok yang dengan jeli mengirim umpan ke Berardi yang bebas di sisi kiri pertahanan Swiss.

Setelah mengirim umpan, Locatelli ikut berlari membantu serangan. Lantaran hal itu, pemain-pemain belakang Swiss tak menduga pergerakan Locatelli saat masuk kotak penalti. Ia pun dengan cukup mudah menceploskan bola ke gawang Yann Sommar.

Di proses gol kedua, Locatelli lagi-lagi menunjukkan kejelian dalam membaca situasi. Melihat sisi kiri gawang terbuka, Locatelli memutuskan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sommar lagi-lagi terperangah dan tak mampu membendung bola.

Dua gol Locatelli adalah faktor utama Italia bisa bermain lebih tenang dan lepas dari beban di sepanjang babak kedua.

"Gol pertama untuk keluarga saya. Setelah mengoper pada Berardi, saya ikut menyerang karena saya memahami Berardi dengan baik dan tahu dia akan berbuat sesuatu dengan bola itu. Kedua untuk penggemar Italia karena kami bermain untuk mereka."

"Saya sangat bangga dengan penghargaan ini namun saya ingin membaginya untuk seluruh tim, saya rasa kami adalah tim yang hebat," ujar Locatelli.

Kejelian dan usaha Locatelli pun mendapat pujian dari pelatih Italia Roberto Mancini.

"Inilah yang harus dilakukan para pemain, ini hal yang selalu saya minta pada mereka. Selalu percaya bahwa bakal ada kesempatan yang tepat, seperti saay Locatelli ikut membantu serangan usai mengoper bola pada Berardi di lini tengah," tutur Mancini.

Locatelli adalah produk tim muda AC Milan dan berhasil menembus skuad utama Rossoneri sejak musim 2015/2016. Namun Locatelli akhirnya dipinjamkan ke Sassuolo pada 2018/2019 dan akhirnya resmi jadi pemain Sassuolo di musim berikutnya.

Performa apik Locatelli bersama Sassuolo mengantar Locatelli mendapat panggilan ke timnas Italia sejak tahun lalu. (rtr)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda