Sport post authorBob 21 November 2022

Hadiri Pembukaan, Ketum KONI Pusat Apresiasi Penyelenggaraan Porprov XIII Kalbar

Photo of Hadiri Pembukaan, Ketum KONI Pusat Apresiasi Penyelenggaraan Porprov XIII Kalbar HADIRI - Ketum KONI Pusat, Marciano Norman, menghadiri Opening Ceremony Porprov XIII Kalbar Tahun 2022, di SSA Pontianak, Sabtu, 19 November 2022 sore WIB. Ist 

PONTIANAK, SP - Opening Ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII Kalbar Tahun 2022, berlangsung semarak, walau sempat diguyur hujan deras.

Kegiatan ini berlangsung di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie (SSA) Pontianak, Sabtu, 19 November 2022 sore WIB.

Awalnya, pembukaan baik-baik saja. Cuaca cerah. Setidaknya hingga berlangsungnya defile kontingen 14 kabupaten/kota peserta upacara Porprov Kalbar 2022.

Cuaca tiba-tiba berubah. Saat akan dilakukan pengibaran bendera Porprov Kalbar. Sontak peserta upacara mulai dari atlet dan official berhamburan mencari tempat untuk berteduh.

Tatkala Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, H. Fachrudin D Siregar melaporkan kegiatan, hujan mereda. Sebagian peserta yang kocar-kacir mulai kembali di barisan masing-masing. Saat Fachrudin mengakhiri sambutannya, hujan telah reda.

Sayangnya, hujan deras kembali turun ketika Ketum KONI pusat memberi sambutan. Peserta upacara kembali meninggalkan barisan mencari tempat berteduh. Hanya sebagian yang konsisten bertahan di tengah-tengah derasnya hujan.

Begitu pula ketika Gubernur Kalbar Sutarmidji menyampaikan sambutan. Hujan deras masih berlangsung. Dalam sambutannya, Gubernur terkesan kecewa dengan peserta upacara yang ramai meninggalkan barisan kontingen masing-masing.

“Kalau atlet itu menerapkan empat hal yakni kejujuran, disiplin, dukungan orang terdekat dan skill, maka yang diharapkan Ketum KONI Pusat Marciano Norman tadi bahwa Kalbar bisa para atletnya mewakili Indonesia di event nasional maupun Internasional,” kata Sutarmidji.

Gubernur Kalbar, yang akrab disapa Bang Midji ini berharap, pelaksanaan Porprov XIII Kalbar 2022 ada peningkatan prestasi. KONI Kalbar pun harus melakukan evaluasi setiap event yang dilakukan.

 “Supaya kita tahu mana olahraga yang harus diperhatikan,” ucapnya.

Midji memberi pujian kepada kontingen Kapuas Hulu, walau diterpa hujan, tapi banyak yang bertahan sampai akhir pembukaan Porprov XIII Kalbar. Sebagai bentuk apresiasinya, Gubernur memberikan bonus sebesar Rp15 juta ke peserta defile kontingen Kapuas Hulu.

“Wajar saja kita berikan apresiasi dan bonus, karena defile dari Kapuas Hulu itu disiplin tidak meninggalkan lokasi. Untuk yang lain kurang kita apresiasi karena kurang disiplin,” tutur Midji.

Sementara, Fahrudin D Siregar, Ketum KONI Kalbar mengakui pelaksanaan pembukaan Porprov kali ini belum maksimal karena suasana hujan. Sehingga membuat kontingen banyak yang meninggalkan lokasi upacara.

“Ini karena kondisi alam, tak bisa dielakkan. Kite pun tak bisa memperhitungkan cuaca. Allah punya kuase, ” ucapnya.

Fahrudin mengatakan dalam Porprov XII Kalbar Tahun 2022 diikuti sekitar 11.000 orang. Semua kontingen yang mengikuti event ini sudah diasuransikan.

“Sudah banyak juga atlet yang mengalami cedera patah tangan dan menjalani operasi. Dan semuanya sudah terlayani karena sudah dirujuk ke rumah sakit terbaik,” papar Fachrudin.

Upacara pembukaan Porprov Kalbar XIII Tahun 2022 ini dihadiri hampir semua Bupati/Wali Kota dan Ketua KONI se-Kalbar. Hadir pula Forkompinda Kalbar dan tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Ketum KONI Pusat, Marciano Norman menyatakan sangat mengapresiasi gelaran Porprov XIII Kalbar Tahun 2022. Ia pun menyuatakan bahwa salah satu pembinaan Cabor Unggulan di Kalbar dilakukan oleh Kabupaten Kayong Utara, yang fokus pada Tinju dan Cabor Bela Diri.

“Petinju kebanggaan Indonesia Daud Yordan selaku Ketum KONI Kayong Utara langsung yang memimpin pembinaan. Besar harapan saya atlet-atlet Kalbar menjadi andalan Indonesia,” kata Ketum KONI Pusat.

Ketum KONI Pusat berharap, Porprov XIII Kalbar Tahun 2022 melahirkan atlet-atlet Kalbar yang nanti akan menjadi juara PON dan selanjutnya menjadi atlet andalan tim Indonesia pada event internasional seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur yang telah mendukung pembinaan olahraga prestasi, khususnya karena penyelenggaraan Porprov. Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan kepada bupati/walikota yang memberangkatkan kontingennya,” pungkas Marciano. (mul)

Keywords

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda