Sport post authorBob 22 September 2021

Ketum KONI: Veddriq Harapan Emas Kalbar, Fachrudin Beri Bantuan Uang Pembinaan Menuju PON XX Papua

Photo of Ketum KONI: Veddriq Harapan Emas Kalbar, Fachrudin Beri Bantuan Uang Pembinaan Menuju PON XX Papua KETUA Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Ketum KONI) Kalbar, Fachrudin D Siregar optimis, Veddriq Leonardo, atlet Panjat Tebing Kalbar bisa merai medali emas di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

KETUA Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Ketum KONI) Kalbar, Fachrudin D Siregar optimis, Venddriq Leonardo, atlet Panjat Tebing Kalbar bisa merai medali emas di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Venddriq memang menjadi salah seroang atlet yang bisa mempersembahkan medali emas, karena dengan prestasi mentereng yang sudah ditorehkan olehnya di berbabagi kejuaraan Panjat Tebing, baik nasional maupun internasional.

“Saya yakin, karena Venddriq punya kualitas, punya semangat dan komitmen menjadi yang terbaik. Untuk itu, kita selalu doakan dan dukung Veddriq dalam mewujudkan impian masyarakat Kalbar berjaya di PON XX,” ujarnya.

Untuk itu, Fachrudin terus memotivasi dan mendukung Veddriq menjelang pertandingan di PON XX Papua. Salah satunya adalah dengan bertandang ke kediaman Venddriq, untuk bertemu orang tua dan keluarnya, serta memberikan bantuan berupa uang dalam rangka menuju kenerangkatan ke PON XX Papua.

“Kita terus support, kita terus dukung. Semoga dengan dukungan nyata ini, berupa uang pembinaan, maka Veddriq termotivasi. Saya sangat berharap, Veddriq terus menjaga kondisi badan dan tetap giat berlatih,” papa Fachrudin.

Ketum KONI Kalbar bersama beberapa jajaran pengurus, mengunjungi Veddriq dan keluarga di kediamannya pada Selasa, 20 September 2021. Ia menyerahkan bantuan kepada Venddriq dalam rangka menuju PON XX Papua.

Veddriq sendiri, akan mulai bertanding di PON Papua pada awal Oktober 2021 atau usai pembukaan PON XX Pada 2 Oktober 2021. Dengan berbagai persiapan, Veddriq optimis bisa mewujudkan target medali emas di PON kali ini.

“Tentunya tetap memperhitungkan lawan-lawan yang akan bertanding di PON. Tetapi, semangat saya adalah meraih medali emas, sehingga saya tetap fokus menuju PON XX Papua ini,” ujar Veddriq.

Veddriq Leonardo adalah atlet Panjat Tebing kebanggaan Kalbar, menyebut komitmen dan konsisten berlatih adalah kunci meraih prestasi. Konsistensi dan komitmen untuk terus berlatih. Jangan mudah berhenti untuk berlatih karena setiap orang punya masanya masing-masing untuk tampil dan gemilang.

“Jadi kita harus bekerja keras agar bisa mencapai prestasi yang kita inginkan," kata atlet kelahiran Pontianak 11 Maret 1997 tersebut di Pontianak.

Untuk PON Papua pada 2-15 Oktober mendatang, dia mengaku sedang dalam tahap persiapan khusus seperti latihan rutin.

"Kami terus latihan dengan rutin dan giat agar harapan membawa harum Kalbar bisa diraih. Kami tentu optimistis bisa memberikan yang terbaik untuk Kalbar," kata dia.

Ketertarikannya kepada panjat tebing tak lepas dari peran pembina organisasi pecinta alam Sispala yang memperkenalkan cabang olah raga ini kepada dia sampai dia tertarik.

"Sejak SMA saya mulai kenal olahraga panjat tebing. Awalnya karena dikenal kan oleh pembina Sispala dan akhirnya termotivasi untuk terus berlatih panjat karena olahraga ini sangat menarik dan menyenangkan," paparnya.

Mengenai perkembangan Panjat Tebing di Kalbar dia mengharapkan ada pembenahan pembinaan dan fasilitas agar mencetak atlet-atlet berprestasi untuk Indonesia.

"Pemerintah mohon untuk membenahi fasilitas yang masih belum memadai agar menunjang aktifitas latihan," ujarnya.

Patokan Rekor Kejuaraan Internasional

PELATIH Panjat Tebing Kalimantan Barat Suparman optimistis atlet Panjat Tebing Veddriq Leonardo bisa meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Papua.

"Sesuai dengan realita yang ada, memang dari cabang Panjat Tebing untuk Kalbar kita targetkan dapat medali emas. Kenapa? Karena saudara Veddriq Leonardo atlet panjat tebing kita ini sampai sekarang masih memegang rekor yang dia ciptakan di USA," kata Suparman.

Menurut Suparman, Veddriq Leonardoadalah pemegang rekor dunia dengan waktu 5,208 detik di atas dinding setinggi 15 meter yang diciptakannya di ajang IFSC Climbing World Cup 2021 di Salt Lake City, Amerika Serikat pada 30 Mei lalu.

Veddriq Leonardo pun diharapkan menunjukkan penampilan terbaiknya dan dapat menyumbangkan medali emas untuk Kalbar di ajang PON mendatang.

Suparman mengatakan dari hasil Pra PON beberapa waktu lalu, Kalbar hanya dapat kuota satu atlet untuk cabang olahraga panjat tebing, atas nama Veddriq Leonardo.

"Selama ini, untuk kelas spesialis saudara Veddriq yaitu Speed World Record, dan yang menjadi saingannya pada PON XX di Papua yaitu atlet panjat tebing Jateng, Jatim, Jakarta dan Jabar. Tapi insya Allah, atlet kita mampu mengatasinya," kata Suparman penuh optimistis.

Sementara itu, secara umun, menurut Suparman, kontingen PON Kalbar kini tengah melakukan segala persiapan untuk meraih prestasi terbaik di Papua.

"Kami terus mematangkan persiapan menuju  PON XX Papua. Saat ini untuk latihan sudah masuk pada porsi kompetisi artinya secara menyeluruh latihan sudah pada tahap akhir artinya untuk fisik dan stamina sudah fit 100 persen,” paparnya.

“Dan, untuk mental kita beri masukan bahwa dengan latihan yang maksimal dan Insya Allah kita dapat hasil yang maksimal," jelas Suparman. (mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda