Sport post authorBob 24 Januari 2021 67

Rekor Kiper Tim Divisi Empat Liga Inggris, Cetak Gol Terjauh di Dunia

Photo of Rekor Kiper Tim Divisi Empat Liga Inggris, Cetak Gol Terjauh di Dunia Rekor Kiper Tim Divisi Empat Liga Inggris, Cetak Gol Terjauh di Dunia

KIPER Newport County, Tom King kini tercatat sebagai pencetak gol terjauh di dunia. Ia menggusur rekor yang diukir Asmir Begovic pada 2013 silam.

Rekor tersebut dicatat Tom King kala Newport berimbang 1-1 dengan Cheltenham Town. Di ajang League Two alias divisi empat Liga Inggris. Tendangan gawang dari King meluncur mengikuti arah angin, memantul ke tanah, lalu melewati atas jangkauan kiper Cheltenham, Josh Griffiths.

Gol itu tercatat berjarak 96.01 meter dan masuk dalam rekor dunia Guinness. Jarak tersebut lebih jauh dari gol yang dibuat Asmir Begovic (91.9 meter) kala mencetak gol ke gawang Southampton untuk Stoke City pada November 2013.

"Saya sangat senang bisa mengukir rekor itu. Ini adalah sesuatu yang tak pernah benar-benar diimpikan, tapi saya yakin ini akan membuat keluarga dan calon keluarga saya nantinya sangat bangga," ungkap Tom King dikutip Sky Sports.

Sesaat setelah pertandingan, King sempat bergurau akan kembali ke markas Cheltenham tersebut untuk mengukur lapangannya. Ia ingin memastikan namanya masuk ke buku rekor.

"Saya harap seseorang bisa mengeceknya untuk saya, menghemat perjalanan kembali saya ke sana. Tapi itu akan jadi sebuah pencapaian tersendiri sih," ungkapnya saat itu.

Tom King juga mengaku akan menelepon Asmir Begovic selaku pemilik rekor sebelumnya. Ia mengenal Begovic ketika jadi anggota tim junior Portsmouth, di mana kolega sekaligus seniornya itu jadi penjaga gawang tim utama.

Sebelumnya, dari daftar gol terjauh sepanjang masa yang dirangkum oleh website the18.com, tercatat gol dari kiper Asmir Begovic merupakan gol terjauh dunia yang tercatat dalam buku Guinness World Record.

Gol tersebut tercipta dalam pertandingan antara Stoke City melawan Southampton pada tanggal 2 November 2013. Selain menjadi gol terjauh, gol itu juga masuk hitungan dalam daftar gol tercepat karena terjadi di detik ke 13.

Begovic hanyalah satu dari 5 kiper di EPL yang berhasil mencetak gol. Kiper lainnya adalah Peter Schmeichel (2001), Brad Friedel (2004), Paul Robinson (2007), dan Tim Howard (2012). (rtr)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda