Sport post authorBob 25 November 2021

Kejurda Tinju Amatir Dandim Ketapang Cup 2021 Lahirkan Lahirkan Atlet Potensial  

Photo of Kejurda Tinju Amatir Dandim Ketapang Cup 2021 Lahirkan Lahirkan Atlet Potensial   Kejurda Tinju Amatir Dandim Ketapang Cup 2021 Lahirkan Lahirkan Atlet Potensial  

PENGURUS Kabupatan Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengkab Pertina) Ketapang, menggelar Kejuaraan Tinju Amatir se-Kalimantan Barat. Event yang bertajuk Dandim Ketapang Cup 2021 ini, berlangsung pada 24-27 November di Gedung Pelti Ketapang.

Pembukaan kejuaraan yang menjadi salah satu wadah pembinaan atlet-atlet Tinju Amatir muda belia di Kalbar ini, berlangsung pada Rabu, 24 November 2021, dimulai pukul 15.00 WIB.

Selain hadir petinju-petinju muda dari enam Kabupaten/Kota di Kalbar, juga tampak hadir adalah Ketua Umum (Ketum) Pengprov Pertina Kalbar, H Hasbani yang didampingi Sekum, Ramli Ramlan.

Kemudian tampak pula Ketua Komisi Pembinaan Prestasi dan Pemassalan Atlet, H. Gusti Agus Helmi, Ketua Komisi Teknik, Kepelatihan, dan Pertandingan, Iwan Prabowo, Ketua Komisi Wasit dan Hakim, Boen Hauw, dan Wakil Sekretaris, Parulasman Sihombing. Selain memantau kejuaraan, mereka juga menjadi pelaksanaan pertandingan.

Hadir pula beberapa perwakilan wasit, juri, dan pelaksana pertandingan dari Pengurus Pusat (PP) Pertina.

Menurut Ketum Pengprov Pertina Kalbar, Hasbani, persiapan panitia pelaksana Kejuaraan Tinju Amatir Dandim Ketapang Cup 2021 berjalan sesuai dengan rencana. Di mana pada Selasa, 23 November 2021, di Gedung Pelti Ketapang, sebagai arena pertandingan telah dilaksanakan manager meeting yang diikuti oleh seluruh manager dan official peserta.

“Ada enam Pengkab yang mengirimkan petinjunya, yaitu dari Ketapang, Kayong Utara, Kubu Raya, Sanggau, Kapuas Hulu, dan Kota Pontianak. Saya optimis, kejuaraan ini akan melahirkan petinju muda potensial,” ujarnya.

Manager Meeting, lanjutnya, juga dihadiri oleh perwakilan PP Pertina dan Pengprov Pertina Kalbar. Setelah manager meeting dilanjutkan dengan drawing semua nomor yg dipertandingkan.

“Adapun nomor yang dipertandingkan antara lain adalah nomor elitmen, yaitu 45, 48, 51, 54, 57, 60, 63, dan 67 Kg. Lalu elitwomen 54 dan 60 Kg. Kelas youthmen 48 dan 51 Kg. Junior boy boxer's 48, 52, dan 60 Kg,” paparnya.

“Pada Rabu (24/11) pagi dimulai pukul 07.00-09.00 WIB, semua peserta kejuiaraan melakukan timbang badan, dan dilanjutkan penataran wasit, hakim, dan juri, yang dipimpin oleh perwakilan PP Pertina, serta Pukul 15.00 WIB, pembukaan kejuaraan lalu dilanjutkan nomor-nomor pertandingan,” tuturnya.

Pengprov Pertina Kalbar dipimpin langsung oleh Ketum, Hasbani dan Sekum, Ramli Ramlan. Pada audiensi ini dibahas beberapa persiapan di lapangan yang sedang dikerjakan oleh Pengcab Pertina Ketapang, sebagai pelaksana.

“Danrem 121/Abw Cup 2021 menjadi salah satu cara insan Tinju Kalbar untuk melahirkan petinju terbaik. Saya juga akan meresmikan Sasana Alambhana Wanawai di Kabupaten Ketapang, sebagai tempat latihan petinju muda di Ketapang,” paparnya.

Ketua Umum (Ketum) Pengprov Pertina Kalbar, Hasbani menjelaskan, bahwa rekomendasi Musyawarah Provinsi (Musprov) Pengprov Pertina Kalbar, yang berlangsung pada 12-13 Juni 2021, untuk memilih Ketua Umum baru masa bakti 2021-2025, salah satunya adalah melaksanakan Kejurda dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

“Adanya kejuaraan yang terjadwal dan berkesinambungan, merupakan salah satu wadah pengembangan dan pembinaan prestasi atlet. Untuk itu, Pengprov Pertina Kalbar, akan bergiliran menunjuk Pengcab di Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara Kejurda,” kata Hasbani.

Ramli Ramlan, sebagai Sekum Pertina Kalbar, menambahkan sebuah kejuaraan atau kompetisi penting dilakukan dan harus sering digulirkan. Hal ini sebagai salah satu bentuk berjalannya organisasi itu sendiri, karena Pengprov Pertina harus dapat mewadahi, memfasilitasi, dan menggerakkan organisasi hingga ke Pencab-Pengcab.

“Misalnya di level Provinsi minimal digelar sekali dalam setahun termasuk di level kabupaten ataupun kota yang juga menggelar kejuaraan,” tutur Ramli.

Dengan seringnya digelar kompetisi atau pertandingan, sambungnya, maka akan melahirkan bibit atlet tinju, yang kemudian harus bisa mengasah skill petinju hingga siap untuk bertanding di level nasional. (mul)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda