Sport post authorBob 25 November 2021

Resmi Dibuka, Kejurda Tinju Amatir Dandim 1203/Ktp Cup 2021 Dorong Prestasi Atlet

Photo of Resmi Dibuka, Kejurda Tinju Amatir Dandim 1203/Ktp Cup 2021 Dorong Prestasi Atlet Resmi Dibuka, Kejurda Tinju Amatir Dandim 1203/Ktp Cup 2021 Dorong Prestasi Atlet

KODIM 1203/Ktp, bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang, menggelar Kejurda Tinju Amatir Dandim Cup 1203/Ktp Tahun 2021.

Kejuaraan ini berlangsung di GOR Pelti Ketapang, Jalan RM Sudiono, Kelurahan Tengah, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, 24-27 November 2021. Pembukaan sendiri berlangsung pada Rabu (24/11).

Pada acara pembukaan, hadir Unsur Forkopimda Ketapang, Kadispora Ketapang, Ketua Pengprov Pertina Kalbar, Ketua Pengcab Pertina Ketapang dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Dandim 1203/Ktp, yang diwakili Pasi Intel Kodim 1203/Ktp Kapten, Inf Iqnatius Andi mengatakan, Kejurda Tinju Amatir Dandim Cup 1203/Ktp Tahun 2021 sangat positif dan bernilai strategis sebagai salah satu implementasi dari kegiatan Binter terbatas.

“Sekaligus wujud kepedulian dan tanggung jawab moril Kodim 1203/Ktp dalam meningkatkan prestasi cabang olah raga tinju amatir di wilayah Ketapang khususnya maupun Kalimantan Barat dan Nasional pada umumnya,” ujarnya.

Adapun tujuannya adalah untuk menghasilkan petinju-petinju berbakat dan berprestasi tidak cukup dengan memperbanyak atau membentuk sasana tinju baru, tetapi hal yang pokok adalah bagaimana kita dapat melakukan pembinaan secara terpadu dan berkesinambungan.

“Salah satu upayanya, kita perlu meningkatkan intensitas latihan dan frekuensi pertandingan dalam suatu turnamen atau kejuaraan,” papar Kapten Inf Ignatius Adi.

Lebih lanjut ia menyatakan, dengan intensitas latihan yang tinggi dan seringnya para petinju mengikuti kejuaraan kita dapat mengukur tingkat keberhasilan pembinaan yang dilakukan selama ini.

“Berkaitan dengan itu kejuaraan tinju amatir Dandim Cup 1203/Ktp dapat digelar secara rutin tiap tahun dan masuk dalam event kejuaraan resmi, baik tingkat daerah maupun nasional di masa yang akan datang," tandasnya.

Sementara harapannya, papar Pasi Intel, melalui Olahraga Tinju seperti ini, generasi muda secara umum dapat berpartisipasi dalam bidang pertahanan negara, cinta NKRI demi kemajuan bangsa melalui latihan yang disiplin serta melalui kegiatan positif yang dapat membangun semangat juang, bekerja dan berkarya untuk mencapai  sebuah prestasi sehingga melahirkan para generasi muda yang lebih unggul.

“Serta menemukan bibit-bibit berbakat yang mampu mengusung prestasi tinju amatir, nasional serta melahirkan petinju berbakat untuk dipromosikan menjadi petinju profesional dalam berbagai kelas demi mengharumkan nama bangsa dan negara di percaturan tinju internasional di masa akan datang,” tuturnya.

Sementara itu Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP, M. Si saat membuka secara resmi Kejurda Tinju Amatir Dandim Cup 1203/Ktp mengucapkan selamat datang di kota Ketapang kepada seluruh atlet dan ofisial yang berasal dari berbagai kabupaten atau kota di Kalimantan Barat.

Ia mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kodim 1203/Ktp beserta jajaran ketua umum beserta seluruh pengurus persatuan tinju amatir Indonesia (Pertina) Provinsi Kalimantan Barat maupun pengurus (Pertina) Kabupaten Ketapang.

“Serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam memajukan dan meningkatkan potensi dan prestasi keolahragaan khususnya cabang olahraga tinju di Kabupaten Ketapang,” kata Wilyo.

Harapannya dengan adanya kejuaraan ini dapat membantu pemerintah daerah dalam melakukan pembibitan, pembinaan dan pengembangan bakat serta minat keolahragaan yang dimiliki generasi muda kita dan berharap dengan diadakan kejuaraan tinju amatir ini tentunya akan memberikan nuansa dan membangkitkan kembali semangat para pecinta olahraga khususnya olahraga tinju.

“Selamat bertanding bagi para peserta tinju, tampilkan permainan terbaik hindari diri dari upaya untuk berbuat kecurangan selama mengikuti pertandingan, tetap mengedepankan nilai-nilai sportivitas dan semangat dalam setiap pertandingan yang diikuti,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda