Sport post authorBob 26 Januari 2021 78

Songsong PON XX Papua Tahun 2021, KONI Kalbar Mulai Pelatda Atlet di Kota Pontianak

Photo of Songsong PON XX Papua Tahun 2021, KONI Kalbar Mulai Pelatda Atlet di Kota Pontianak Ketum KONI Kalbar, Fachrudin D Siregar

PEKAN Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan berlangsung pada Oktober 2021. Jadwal ini memang diundur imbas pandemi Covid-19. Dengan berbagai pertimbangan keamanan dan keselamatan semua pihak yang terlibat, maka KONI Pusat mengundurkan pesta olahraga multicabor terbesar di Indonesia ini.

Lalu, dengan berbagai pertimbangan juga, PON XX Papua yang semestinya digelar pada Oktober 2020, akan dilaksanakan pada Oktober 2021. Untuk itu, Menuju perhelatan besar tersebut, Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Barat (KONI Kalbar), kini tetap tancap gas dalam mempersiapkan atletnya.

Di awal Tahun 2021, KONI Kalbar sudah mulai melaksanakan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) yang diselenggarakan di Kota Pontianak.

Menurut Ketum KONI Kalbar, Fachrudin D Siregar, atlet PON, baik yang berada di Kota Pontianak maupun luar, mengikuti Pelatda PON di Kota Pontianak. KONI Kalbar sendiri sudah menyiapkan penginapan maupun insentif bagi atlet.

Sementara untuk program latihan tanding atau try out dalam rangkaian program Pelatda PON, Fachrudin menegaskan belum bisa dilaksanakan di luar Kalbar.

“Solusinya digelar tetap di Kalbar dengan mencari lawan yang cukup mumpuni dari cabang olahraga (Cabor) yang akan ditandingkan,” ujarnya.

Fachrudin juga mempersilahkan warga atau masyarakat olahraga untuk memantau latihan atlet ini. Namun, tetap harus mematuhi Protokol Kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Lihat mereka latihan, boleh saja. Nanti kami sampaikan jadwal mereka latihan. Untuk Tarung Derajat, atletnya cedera dan kebetulan pemulihannya di sini. Jadi kita siapkan penginapannya, konsumsi, dan termasuk insentif” papar Fachrudin.

Secara jujur Fachrudin menegaskan, saat ini belum bisa memasang target medali yang diraih pada PON mendatang. Apalagi masih di tengah pandemi Covid-19, sama dengan daerah lain yang beberapa kali pertemuan juga menyampaikan hal serupa dengan masa sulit menuju PON Papua.

“Belum lagi ambisi tuan rumah yang ingin meraih juara umum. Namun, kita tetap optimis bersama seluruh jajaran KONI Kalbar untuk menghadapi PON kali ini,” katanya.

Ia pun harapkan, pelatih maupun atlet, juga memiliki optimisme yang tinggi untuk mewujudkan prestasi bagi Kalbar. Semuanya bisa diraih bersama, asalkan ada komitmen dan kerja sama terbaik.

“Doakan saja, para atlet, pelatih, dan tim bisa berjuang maksimal mewujudkan prestasi terbaik. Kalbar berkibar di PON XX Tahun 2021,” pungkas Fachrudin. (mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda