Sport post authorBob 26 Februari 2021 43

Sosialisasikan Senam Kreasi Daerah, Pengurus IOSKI Provinsi Kalbar Aktif pada Aksi Kemanusiaan

Photo of Sosialisasikan Senam Kreasi Daerah, Pengurus IOSKI Provinsi Kalbar Aktif pada Aksi Kemanusiaan Pelantikan Pengurus IOSKI Kalbar beberapa waktu lalu. Komunitas ini aktif mensosialisasikan senam kreasi daerah.

PENGURUS Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) Provinsi Kalbar, dipimpin langsung oleh Ketua IOSKI Kalbar, Martina Rosanna dan jajaran pengurus lainnya, terus sosialisasikan keberadaan organisasi ini.

Sosialisasi ini secara langsung juga untuk mengenalkan senam kreasi daerah. Menyasar berbagai kalangan, sosialisasi yang dilakukan juga kepada komunitas olahraga yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan berbagai komunitas.

Selain sosialisasi, IOSKI Kalbar juga langsung praktek senam sehat bersama.

Tujuannya adalah mengenalkan senam kreasi bersama IOSKI Provinsi Kalbar. Caranya adalah dengan menggali budaya daerah melalui senam kreasi,” tutur Ketua IOSKI Kalbar, Martina Rosanna.

Selain itu, ujar Martina, kegiatan IOSKI dengan berkeliling daerah dalam rangka sosialisasi, juga menjadi wadah memupuk dan melestarikan budaya melalui senam kreasi agar lebih mencintai budaya lokal.

“Programnya adalah mengajak berbagai kalangan, terutama komunitas ibu-ibu untuk senam bersama di tempat terbuka dan destinasi wisata. Selain sehat, juga mengkampanyekan temat wisata di Kalbar,” ujarnya.

Martina sangat bersyukur, semua kegiatan yang dilaksanakan oleh pihaknya mendapat sambutan dan dukungan dengan sangat baik. Komunitas ibu-ibu PKK Desa Mekar Sari, ternyata juga selalu meluangkan waktu dengan terjadwal untuk senam bersama seminggu sekali.

Martina menjelaskan, Pengurus IOSKI Provinsi Kalbar, juga mengajak masyarakat untuk terus menerapkan hidup sehat, terutama di tengah pandemi Covid-19 ini. Salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga.

Ajakan Pengurus IOSKI Kalbar ini, disampaikan setelah mereka miliki jadwal rutin latihan senam kreasi. Bersama Komunitas RAR Pontianak dan JAH, Pengurus IOSKI Kalbar, terus berlatih senam kreasi, yang dilaksanakan pada setiap hari Selasa.

“Kita mulai latihan rutin senam kreasi di Rumah Betang, Jalan Sutoyo, Pontianak. Latihannya setiap hari Selasa, dimulai pukul 15.30 WIB. Latihan ini juga terbuka untuk umum,” kata Ketua Pengurus IOSKI Kalbar, Martina Rosanna.

Martina menjelaskan, untuk latihan rutin di Rumah Betang, pihaknya sudah mendapat izin dari Ketua DAD Provinsi Kalbar. Selain latihan rutin, pertemuan tersebut juga menjadi ajang silaturahmi antar pengurus dan masyarakat yang suka dengan senam kreasi.

“Kita terus mengkampanyekan olahraga senam kreasi, agar masyarakat juga memahami dan menyukai olahraga kreasi ini. Selain sehat, tentu saja bisa melestarikan khazanah kearifaan lokal. Di mana senam kreasi adalah perpadun budaya bangsa,” paparnya.

Adapun materi latihan rutin Pengurus OISKI Provinsi Kalbar di antaranya adalah senam kreasi daerah bersama, aerobic dance, latihan fisik dan jogging, serta latihan pernapasan. Martina pun menyatakan, apabila rutin melaksanakan olahraga, maka imun tubuh akan terus terjaga.

“Imunitas tubuh di saat pandemi seperti saat ini sangat penting, karena imun tubuh yang terjaga dengan baik, bisa terus mencegah tertularnya virus corona. Dan jangan lupa pesan ibu, yaitu 3M, memakai masker ketika keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak,” ujar Martina.

Dalam berbagai kegiatan tersebut, Martina dan jajaranya tetap memantapkan jati diri, terutama saat penerapan Protokol Kesehatan dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi Covid-19. Di mana mereka mengenakan masker, menjaga jarak, dan melaksanakan 3M. (mul)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda