Sport post authorBob 27 Juli 2021

Islam Makhachev Meroket di Kelas Ringan UFC

Photo of Islam Makhachev Meroket di Kelas Ringan UFC Islam Makhachev Meroket di Kelas Ringan UFC

RANKING Kelas Ringan (Lightweight) Ultimate Fighting Championship (UFC) mengalami perubahan setelah petarung asal Rusia, Islam Makhachev, berhasil memetik kemenangan pada main event UFC Vegas 31.

Pada UFC Vegas 31 yang berlangsung di UFC Apex, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Minggu (18/7) pagi WIB itu, Islam Makhachev menang atas petarung Brasil, Thiago Moises.

Islam Makhachev yang digadang-gadang menjadi penerus mantan juara kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov, memastikan kemenangan lewat metode submission.

Petarung berusia 29 tahun itu menggunakan teknik rear naked choke yang membuat Thiago Moises menyerah pada ronde keempat.

Melalui hasil tersebut, Islam Makhachev sukses memperpanjang rekor kemenangan menjadi delapan kali beruntun. Dia juga membuktikan kelayakan sebagai calon penerus Khabib setelah mengalahkan Thiago Moises lewat metode submission.

Adapun submission merupakan metode yang kerap membawa Khabib Nurmagomedov meraih kemenangan saat masih aktif bertarung.

Kini, Islam Makhachev sudah mencatatkan sembilang kemenangan submission selama berkarier di dunia MMA.

Pencapaian Islam Makhachev kemudian disempurnakan dengan perubahan peringkat atau ranking kelas ringan UFC. Sebelum tampil pada UFC Vegas 31, Islam Makhachev berada di peringkat kesembilan.

Namun, setelah berhasil mengalahkan Thiago Moises pada UFC Vegas 31, dia langsung meroket dengan naik empat peringkat. Islam Makhachev kini menduduki peringkat kelima, menggusur sejumlah nama besar, termasuk petarung asal Republik Irlandia Conor McGregor yang takluk dari Dustin Poirier pada UFC 264, 11 Juli lalu.

Saat ini, Conor McGregor yang sebelumnya menduduki peringkat ketujuh bahkan turun dua peringkat ke posisi kesembilan. Selain Conor McGregor, Islam Makhachev juga menyalip Dan Hooker, Rafael dos Anjos, hingga Tony Ferguson.

Keberhasilan Islam Makhachev dalam menembus lima besar kelas ringan UFC semakin menegaskan dirinya sebagai salah satu penantang gelar.

Adapun gelar kelas ringan UFC saat ini masih menjadi milik Charles Oliveira yang kali terakhir berhasil mengalahkan Michael Chandler pada UFC 262, Mei 2021.

Sementara itu, Thiago Moises yang takluk dari Islam Makhachev harus turun satu peringkat dari posisi ke-14 ke urutan ke-15. (rtr)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda