Wisata post authorKiwi 22 November 2020

Danau Biru Singkawang, Keindahan dari Bekas Penambangan

Photo of Danau Biru Singkawang, Keindahan dari Bekas Penambangan

Singkawang memiliki potensi wisata yang beragam. Baik yang dibangun dan dikembangkan sampai tempat wisata yang muncul dengan sendirinya seperti Danau Biru Singkawang.

Menurut cerita warga setempat danau ini terbentuk karena genangan air yang memenuhi kolam-kolam sisa penambangan emas. Setelah ditinggalkan para pekerja kolam tersebut menjadi sebuah danau yang cantik seperti sekarang ini.

Pengunjung yang datang ke Danau Biru dapat bersantai dan menikmati pemandangan alam seperti Gunung Poteng.

Danau Biru Singkawang terletak di daerah Singkawang Timur tepatnya di daerah Wonosari, Roban yang hanya berjarak sekitar 6 km saja dari pusat kota Singkawang. Pengunjung dapat menjangkau tempat wisata tersebut dengan menaiki kendaraan bermotor kurang lebih selama 20 menit karena jalan yang dilalui masih belum bagus, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua agar lebih mudah.

Sesampainya di danau ini sobat traveler akan disuguhi pemandangan alam yang memukau dan menyejukkan berupa padang rumput, padang pasir, bukit pegunungan, dan tentunya danau yang airnya berwarna biru.

Dari tepian danau, pengunjung dapat melihat deretan Pegunungan Pasi Raya yang membentuk benteng. Pegunungan tersebut meerupakan pegunungan yang membatasi Singkawang dan Bengkayang dengan salah satu puncak yang disebut Gunung Poteng.

Danau yang dulunya merupakan bekas tambang emas ilegal ini biasanya ramai dikunjungi saat sore hari ataupun pagi hari dimana sinar matahari tidak terlalu panas. Selain itu, pada saat-saat tersebut pengunjung dapat menanti senja maupun melihat matahari terbit yang menawan dan menarik untuk dijadikan sebagai obyek fotografi.

Selain memiliki air yang berwarna biru, Danau Biru Singkawang ini memiliki keunikan berupa padang pasir bergunduk dan bebatuan yang terbentuk oleh air hujan.

Perlu diketahui bahwa danau ini tidak boleh dipakai sebagai tempat untuk berenang karena dikhawatirkan airnya mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Namun tak perlu kecewa, karena di sini pengunjung masih bisa menikmati keindahan alam sambil bersantai untuk melepas lelah dan penat. (travelmatekamu.com)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda