Ketapang post authorKiwi 23 April 2024

Sekda Minta Pengerjaan Jalan Pelang-Indotani, Kepuluk-Batu Tajam Segera Dilaksanakan

Photo of Sekda Minta Pengerjaan Jalan Pelang-Indotani, Kepuluk-Batu Tajam Segera Dilaksanakan Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S. STP., M.Si

KETAPANG,SP - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S. STP., M.Si meminta agar pengerjaan Jalan Pelang – Indotani, Kepuluk – Batu Tajam dapat segera dilakukan. Untuk itu dirinya meminta agar

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk berkoordinasi dengan dinas terkait termasuk PUTR.

"BPKAD saya minta mengkoordinasikan kepada Dinas PUTR untuk memastikan hal-hal kontraktual dan realisasi pekerjaan dapat segera dituntaskan," katanya, Senin (22/4/2024).

Sekda menilai, proses lelang ruas jalan Pelang – Indotani, Kepuluk – Batu Tajam tersebut seharusnya sudah dilaksanakan pada Maret lalu. Dengan demikian, pada April ini proses pengerjaannya seharusnya sudah bisa dimulai.

Oleh karena itu, dirinya meminta BPKAD untuk memberi perhatian khusus terhadap pengerjaan Jalan Pelang – Indotani, Kepuluk – Batu Tajam tersebut.

"Jika proses lelang sudah selesai, Jalan Pelang – Indotani, Kepuluk – Batu Tajam harus segera dikerjakan,” tegasnya.

Sekda menambahkan, ruas jalan Jalan Pelang – Indotani, Kepuluk – Batu Tajam tersebut adalah kebutuhan yang harus menjadi prioritas sehingga harus serius dan cepat dalam penangannya.

"Jangan sampai ada opini liar yang mengatakan Pemda tidak ada hati nurani, tidak melihat jalan hancur, sebab kita sudah menganggarkan dan semua perlu tahapan mekanisme, tinggal kita bersama-sama mengawal proses pengerjaannya agar bisa maksimal," ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menyampaikan berterima kasih kepada para Asisten, Staf Ahli, Kabag dan seluruh pejabat, para OPD yang telah melaksanakan tugas on the track sampai hari.

"Saya harap tidak ada kegiatan-kegiatan yang terlambat,” tuturnya.

Untuk diketahui, bawah Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelontorkan anggaran sebesar Rp 57 miliar untuk pembangunan ruas Jalan Pelang-Kepuluk-Batu Tajam pada APBD 2024.
Sebelumnya, Sekda memaparkan, untuk ruas jalan Pelang - Kepuluk dengan panjang 3,3 kilometer, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 19,5 miliar.

"Dananya bersumber dari APBD Kabupaten Ketapang tahun anggaran 2024 pada Dinas PUTR melalui program DAK jalan. Saat ini masih dalam proses lelang," papar Sekda, Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, untuk penanganan ruas jalan Kepuluk – Batu Tajam sepanjang 11,6 kilometer, anggarannya sebesar Rp 37,5 miliar. Sumber dananya juga berasal dari APBD Kabupaten Ketapang 2024.

"Dananya melekat di Dinas PUTR melalui program Dana Bantuan Hasil (DBH) Sawit, ini juga masih dalam tahap proses lelang dan diperkirakan setelah Idul Fitri 1445 H pengerjaannya sudah bisa dimulai," kata Alex.

Pada kesempatan itu, Sekda turut menyingung kerusakan jalan Tumbang Titi - Tanjung. Meski berstatus jalan provinsi, namun ia mengajak semua pihak untuk berkolaborasi, bersinergi, bergotong-royong dalam penanganan ruas jalan tersebut. (Teo/*)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda