Ponticity post authorKiwi 24 April 2024

HKG PKK Ke-52 Tingkat Provinsi Kalbar, Windy Ucapkan Selamat Datang TP PKK Kabupaten Kota

Photo of HKG PKK Ke-52 Tingkat Provinsi Kalbar, Windy Ucapkan Selamat Datang TP PKK Kabupaten Kota Pj Gubernur Kalbar Harisson bersama Pj Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastasi. Adpim Pemprov Kalbar.

PONTIANAK, SP - Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) serius mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai lomba dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke- 52 tingkat pusat pada Mei mendatang.

Sesuai jadwal puncak peringatan HKG-PKK Ke-52 2024 bakal digelar pada Kamis 16 Mei 2023 di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Sejumlah perlombaan pun digelar dalam momentum tersebut mulai dari lomba paduan suara PKK nasional, lomba memasak menu pangan lokal,

Selanjutnya lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan, lomba parade budaya nusantara jambore nasional kader PKK, lomba cerdas cermat kader PKK serta berbagai lomba lainnya. Berbagai persiapan pun kini terus dimatangkan TP-PKK Provinsi Kalbar untuk menghadapi ajang tingkat nasional tersebut.

Termasuk dalam momentum peringatan HKG PKK ke- 52 tingkat Provinsi Kalbar. Kesempatan tersebut dimanfaatkan TP-PKK Provinsi Kalbar untuk menghadapi berbagai perlombaan ditingkat pusat. Sejumlah perlombaan pun digelar ditingkat provinsi yang diikuti oleh 14 kabupaten kota.

Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson mengungkapkan ditingkat provinsi lomba-lomba yang digelar dalam peringatan HKG PKK ke- 52 diantaranya lomba paduan suara, lomba cerdas cermat KADARKUM, lomba kreasi jingle gelar pelangi.

Kemudian lomba memasak menu pangan lokal, lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan, lomba ajakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), lomba ajakan ke Posyandu. Sebanyal 800 peserta dari 14 kabupaten kota bakal terlibat langsung dalam peringatan HKG PKK ke- 52 tingkat Provinsi Kalbar.

“Dari perlombaan tingkat provinsi akan diikutkan perlombaan tingkat nasional yang diselenggarakan di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah pada Mei 2024 mendatang,” jelas Windy, Rabu (24/4).

Windy menambahkan peringatan HKG PKK ke- 52 tingkat Provinsi Kalbar diselenggarakan di Kota Pontianak yang dipusatkan di Pontianak Convention Center, pada 24 hingga 26 April 2024. Kegiatan ini akan dimeriahkan dan diikuti oleh seluruh kader dan pengurus TP-PKK kabupaten kota se Kalbar.

“Selamat datang para peserta TP PKK kabupaten kota pada pelaksanaan HKG-PKK ke 52 tingkat Provinsi Kalbar di Kota Pontianak,” sebut Windy.

Dirinya memastikan TP-PKK Provinsi Kalbar memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan peringatan HKG PKK ke- 52 di Kota Pontianak. Bahkan TP-PKK Kalbar pun telah memberikan dukungan anggaran untuk mensukseskan peringatan HKG PKK ke- 52 tingkat Provinsi Kalbar.

“Kami memberikan dukungan berupa bantuan anggaran sebesar 50 juta rupiah dalam rangka pelaksanaan HKG PKK ke- 52 di Kota Pontianak," jelas Windy.

Sementara itu Pj Gubernur Kalbar, Harisson menyebut PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa, khususnya di Kalbar. Dirinya mengungkapkan keberadaan PKK sangat strategis sebagai sebagai mitra pemerintah dalam mewujudkan keluarga yang tangguh.

"PKK memiliki peran penting dalam membangun dunia pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta dalam bidang ekonomi dan kesehatan,” kata Harisson.

“PKK berperan dalam memberdayakan ekonomi keluarga melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), menggerakkan Posyandu dan membantu ibu hamil dan melahirkan, serta menjadi langkah pencegahan stunting,” tambahnya.

Harisson berharap PKK dapat terus meningkatkan perannya dalam mendukung pembangunan di Kalbar khususnya dalam pencegahan stunting. Dirinya berpesan kepada para kader PKK untuk selalu semangat dan belajar agar mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki sesuai dengan dinamika yang berkembang.

“Saya menaruh harapan besar kepada Ibu-Ibu ketua TP PKK kabupaten kota, para kepala dinas, kepada badan maupun organisasi vertikal tanggung jawab kita semua dalam rangka mempersiapkan generasi kita kedepan”, tutupnya.

Sebelumya, ditingkat pusat rangkaian peringatan HKG PKK Ke-52 2024 telah  dibuka langsung oleh Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, pada 4 Maret 2024 lalu. Adapun untuk tema HKG PKK Ke-52 2024 ini adalah “Bergerak Bersama PKK, mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian berharap berharap agar seluruh TP PKK  dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing.

“Sehingga senantiasa sejalan dengan program-program pemerintah dan pemerintah daerah,”ujarnya.

Ia menegaskan berkaitan  dengan capaian pelaksanaan beberapa program atau kegiatan dalam rencana induk gerakan PKK sampai dengan 2023 yang berkorelasi dengan program pemerintah dan pemerintah daerah.

Program tersebut diantaranya, berperan aktif dalam membantu menurunkan angka stunting, melakukan kegiatan sosial seperti pemberian bantuan langsung kepada masyarakat, terlaksananya peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang tatalaksana rumah tangga dalam harmonisasi kehidupan keluarga.

Selain itu, program unggulan gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana untuk kesehatan.

“Saya ingatkan kembali bahwa 2024 merupakan tahun terakhir pelaksanaan rencana induk gerakan PKK 2021-2024 dan rencana strategis gerakan PKK. Saya harap agar kita dapat menjawab tantangan dan mewujudkan keluarga sehat, cedas, berdaya, beriman, dan bertaqwa menuju Indonesia Maju 2024,” pungkasnya. (din/biz)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda