Kubu Raya post authorBob 19 Oktober 2021

Sosialisasi Pembumian Pancasila, Maria Goreti Ajak Semua Pihak Bergotong Royong Mengatasi Pandemi Covid-19

Photo of Sosialisasi Pembumian Pancasila, Maria Goreti Ajak Semua Pihak Bergotong Royong Mengatasi Pandemi Covid-19 Sosialisasi Pembumian Pancasila, Maria Goreti Ajak Semua Pihak Bergotong Royong Mengatasi Pandemi Covid-19

KUBU RAYA, SP - Umat Paroki St. Agustinus, Sungai Raya di Kabupaten Kubu Raya, satu demi satu memasuki aula paroki. Hari itu, mereka kedatangan Anggota Senator atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD) kebanggaan masyarakat Kalbar, Maria Goreti.

Ia merupakan Senator dari Daerah Pemilihan Kalimantan Barat (Dapil Kalbar), yang selalu peduli dengan daerahnya. Kedatangan Maria adalah dalam rangka Sosialisasi Pembumian Pancasila.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut yaitu Pastor Laurentius Prasetyo, CDD sebagai Pastor Kepala Paroki Santo Agustinus.

Dalam sambutan pembukaan Pastor Pras, begitu biasanya disapa, mengatakan rasa terima kasih yang mendalam atas nama umat dan paroki atas kehadiran Bu Maria Goreti untuk berdiskusi bersama, berdialog bersama dalam usaha membumikan nilai-nilai Pancasila seperti semangat berbela rasa, semangat berbagi untuk mereka yang membutuhkan.

“Inilah bukti bahwa kita mewujudkan nilai kegotongroyongan sebagai inti dari Pancasila. Yang memiliki rejeki lebih berbagi kepada mereka yang kekurangan. Inilah tidakan “kenabian” untuk masyarakat terdampak akibat pandemic ini,” kata Pastor Prast dalam pembukaan acara.

Sementara Maria Goreti dalam paparannya mengatakan bahwa betapa pentingnya kita terus membatinkan dan mempraktikan nilai kegotongroyongan sehingga menjadi habitus dalam semangat berbagi beban khususnya di masa yang sulit ini.

“Mari kita terus menerus bergotong-royong menghadapi Covid-19 ini. Jangan biarkan, ada masyarakat yang terdampak semakin menderita dan kesusahan,” ujarnya.

Perempuan tangguh dan inspriratif dari Bumi Khatulistiwa ini menjelaskan, sebagai anggota MPR RI memiliki tanggung jawab untuk senantiasa menggali dan menghidupkan kembali nilai-nilai  gotong-royong dalam kondisi apapun, termasuk saat menghadapi pandemi Covid-19 ini. 

“Kami membawa sedikit bahan makanan untuk sedikit meringankan beban hidup bapak ibu sekalian sebagai bentuk keprihatinan kami terhadap masalah  ekonomi yang dihadapi akhir-akhir ini,” papar Maria.

Ia menyebutkan, Indonesia beruntung memiliki pengikat hidup bersama sebagai bangsa, yaitu Pancasila.

“Pancasila yang merupakan sublimasi dan kristalisasi nilai-nilai hidup yang berakar dalam budaya-budaya Nusantara. Budaya Nusantara senantisa membuka diri terhadap budaya lain tanpa kehilangn identitas keindonesiaannya,” kata sang Senator Senior.

Sebagai Senator asal Kalimantan Barat yang saat ini sedang memasuki periode keempat dalam karir politiknya untuk mewakili Masyarakat Kalimantan Barat, ia benar-benar membuktikan kepeduliannya. 

Maria juga mengatakan bahwa Pancasila yang dimiliki bukan hanya sebagai dasar negara, tetapi juga ideologi bangsa dan spiritualitas hidup berbangsa. Untuk itu, Nilai-nilai Pancasila mestinya terus menjadi semangat, api, roh dalam perjalanan kita sebagai bangsa. Itulah semangat yang terus dihidupi dan dibatinkan dalam sanubari kita sebagai bangsa.

“Semangat hidup dalam Pancasila mestinya memiliki daya untuk menghidupkan, mempersatukan, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berketuhanan, berperikemanusiaan, berkebangsaan, berkerakyatan, dan berkeadilan. Dengan demikian, Pancasila menjadi sumber semangat paradigma kehidupan bangsa Indonesia,” tutur Maria Goreti dalam acara sosialisasi Pancasila. (*)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda