Kubu Raya post authorKiwi 22 Juli 2021

Supadio Bakal Terapkan Digitalisasi Dokumen Kesehatan, Berlaku Awal Agustus

Photo of Supadio Bakal Terapkan Digitalisasi Dokumen Kesehatan, Berlaku Awal Agustus Awal Agustus nanti, Bandara Internasional Supadio Pontianak akan menerapkan validasi dokumen kesehatan digital yang ada di aplikasi PeduliLindungi bagi calon penumpang pesawat. IST

 

KUBU RAYA, SP - Bandara Internasional Supadio Pontianak akan menerapkan validasi dokumen kesehatan digital yang ada di aplikasi PeduliLindungi bagi calon penumpang pesawat yang akan berangkat dari Bandara Supadio.

Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Kantor Cabang (KC) Bandara Internasional Supadio Pontianak, Akbar Putra Mardika, mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan uji coba implementasi penerapan digitalisasi dokumen kesehatan dengan beberapa penumpang. 

"Sejak tanggal 19 sampai 31 Juli nanti, kita terus mensosialiasi implementasi penerapan digitalisasi dokumen kesehatan ini kepada masyarakat (calon penumpang) sekaligus mengecek kesiapan dalam penerapannya," kata Akbar kepada sejumlah awak media di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Rabu (21/7). 

Akbar menyampaikan bahwa setelah sosialisasi ini dilakukan sampai 31 Juli, maka pada 1 Agustus mendatang, pihaknya akan menerapkannya secara menyeluruh dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya. 

"Penerapan pemeriksaan digitalisasi dokumen kesehatan di bandara ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor 847 Tahun 2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi," ucapnya. 

Sejalan dengan penerapan tersebut, Akbar meminta kepada calon penumpang pesawat untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi di iOS atau Android dan melakukan registrasi. Jika calon penumpang sudah menjalani vaksinasi maka kartu vaksinasi akan muncul di aplikasi tersebut. 

Akbar menambahkan, calon penumpang juga wajib melakukan tes covid-19 di 742 laboratorium yang terintegrasi dengan data New All Record (NAR) Kemenkes, yang mana hasil tes juga akan langsung diunggah di aplikasi PeduliLindungi.

"Nama-nama dari 742 laboratorium tersebut tercantum di dalam Surat Edaran Menkes Nomor 4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan Covid-19," ujarnya.

Adapun pemeriksaan/validasi dokumen kesehatan digital (kartu vaksinasi dan hasil tes Covid-19) yang ada di aplikasi PeduliLindungi, akan dilakukan di bandara oleh personel Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemkes) maupun di konter check in oleh maskapai menggunakan pemindai barcode dan/atau microsite aplikasi PeduliLindungi.

"Seperti diketahui, saat ini kartu vaksinasi dan surat hasil tes covid-19 yang berlaku menjadi syarat bagi calon penumpang pesawat untuk dapat melakukan perjalanan," ungkapnya.

Menurut Akbar, penerapan digitalisasi dokumen kesehatan calon penumpang pesawat yang terintegrasi dengan PeduliLindungi ini juga untuk mencegah atau menghilangkan potensi pemalsuan kartu vaksinasi atau surat hasil tes covid-19, baik itu PCR atau antigen.

"Dengan penerapan ini, kita bisa memastikan hasil tesnya sudah terkoneksi secara nasional dengan aplikasi PeduliLindungi," tuturnya. 

Ia menjelaskan, digitalisasi dokumen kesehatan bagi pengguna transportasi udara ini masih diuji coba di 17 bandara di Indonesia yang dikelola perseroan, termasuk di bandara Internasional Supadio. 

"Ke-17 bandara tersebut adalah Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu)," pungkas Akbar. (lwu/lha)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda