Nasional post authorKiwi 30 November 2023

Kabar Duka, Sekjen Partai Hanura Kodrat Shah Tutup Usia

Photo of Kabar Duka, Sekjen Partai Hanura Kodrat Shah Tutup Usia

JAKARTA,SP - Kabar duka datang dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), siang tadi, Kamis (30/11). Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Hanura Kodrat Shah dikabarkan tutup usia.

Kabar meninggal Kodrat Shah dibenarkan oleh kemanakan sekaligus Ketua Hanura Sumut El Adrian Shah.

"Iya benar telah meninggal dunia," kata El Adrian Shah, Kamis (30/11).

Saat ini jenazah Kodrat Shah masih berada di Jakarta. El Andrian lalu meminta agar masyarakat turut mendoakan tokoh masyarakat Sumatera Utara tersebut.

"Mohon doanya," lanjut El.

Menurut informasi jenazah Kodrat Shah akan dibawa terbang menuju kampung halaman di Kota Medan.
Jenazah Kodrat Syah rencananya akan dimakamkan besok selepas salat Jumat.

Kabar duka tersebut juga dibenarkan oleh Eks Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah alias Ijeck yang merupakan keponakan dari Kodrat Shah menyampaikan kabar itu di akun media sosialnya.

"Telah berpulang ke Rahmatullah orang tua kami, paman kami Kodrat Shah bin H. Gulrang Shah hari ini di Jakarta," kata Ijeck melalui akun Instagram.

Ia memohon doa agar almarhum Kodrat Shah mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan.

Menurut Ijeck, jenazah akan disemayamkan di Komplek Cemara Asri, Jalan Tulip, No 27, Kota Medan, Sumatera Utara.

"Insya Allah almarhum khusnul khatimah, diberikan tempat yang terbaik di surganya Allah SWT. Aamiin yaa rabbal 'aalamiin," ucapnya.

Sosok Kodrat Shah cukup dikenal di kalangan politisi maupun masyarakat biasa.

Kodrat Shah lahir di Simalungun, Sumatera Utara pada 2 November 1961 dari pasangan Gulrang Shah dan Syarifah. Kodrat Shah memiliki keluarga besar, yaitu 16 bersaudara, delapan lelaki dan delapan perempuan.

Mereka tinggal bersama keluarga besarnya dan menghabiskan masa kanak-kanak di Kota Perdagangan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kodrat Shah menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Swasta Rakyat Pancur Batu di Deli Serdang. Kemudian, melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Sumatera Utara di Medan.

Semua anak laki-laki di keluarga Gulrang Shah merupakan tokoh pemuda dan pengusaha yang disegani di Sumatera Utara. Kakak tertua laki-laki amarhum Haji Anif adalah pengusaha terkenal di Sumut, kemudian Rahmat Shah adalah anggota DPD RI, Ketua PMI Sumut, dan ayahanda artis Raline Shah.

Selanjutnya Meherban Shah yang populer dengan sebutan Bang Kemek adalah seorang pengusaha tambang terkenal, sekaligus pimpinan dan pendiri ormas Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI).

Lalu Ajib Shah, mantan Ketua Pemuda Pancasila Sumut dan Ketua DPRD Sumut. Harkat Shah dan dirinya Kodrat Shah dikenal sebagai tokoh pemuda dan pengusaha di Sumut.

Kodrat Shah menikah dengan Karmila Iskandar pada 19 Maret 2004, dan mereka dikaruniai 3 orang anak.

Sekjen Partai Hanura

Pada 15 November 2021 Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang menunjuk Kodrat Shah menjadi Sekjen DPP Partai Hanura di sisa masa jabatan 2021–2024.
Kodrat Shah menggantikan posisi sekjen sebelumnya.
Saat ditunjuk, Kodrat Shah masih menjabat sebagai Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Sumatera Utara.

Ketua MPW PP Sumut

Nama Kodrat Shah besar melalui organisasi kemasyarakatan (Ormas) Pemuda Pancasila (PP). Hingga akhir hayat ia masih menjabat sebagai Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Utara.
Kodrat Shah terpilih dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) XIV PP Sumut di Medan pada 4 Februari 2022. Kodrat Shah memimpin MPW PP Sumut periode 2022–2027.

Ketua Asprov PSSI Sumut dan PSMS

Selain aktif di ormas kepemudaan, Kodrat Shah juga aktif di dunia olah raga, khususnya sepak bola. Ia merupakan Direktur Utama PT Kinantan Medan Indonesia yang menaungi klub sepak bola PSMS Medan.
Di perusahaan ini, Kodrat Shah sebagai pemegang saham PSMS sebesar 49 persen saham, sedangkan Edy Rahmayadi (Gubernur Sumut) memiliki 51 persen.
Kodrat Shah juga Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI periode 2022–2026. Ini merupakan periode keduanya menjabat sebagai Ketua Asprov PSSI. Suami Karmila Iskandar ini terpilih kembali lewat Kongres Asprov PSSI Sumut pada 25 Maret 2022. (berbagai sumber)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda