Ponticity post authorKiwi 14 Mei 2020 14,842

Rumah Sakit Terancam Gulung Tikar

Photo of Rumah Sakit Terancam Gulung Tikar

PONTIANAK, SP - Sejak pandemi virus corona melanda Indonesia, fenomena unik terjadi di banyak rumah sakit dan klinik kesehatan, termasuk di Kalimantan Barat. Di Kota Pontianak misalnya, sejumlah rumah sakit dan klinik swasta mengalami penurunan pasien secara dratstis.

Bahkan ada rumah sakit yang kabarnya akan ditutup karena tak ada pasien yang berobat. Dari informasi yang beredar, di RS Antonius Pontianak misalnya, mengalami penurunan jumlah pasien mencapi lebih dari 50 persen.

Dari sekitar 400 jumlah tempat tidur rumah sakit, hanya 100 saja yang ditempati. Bahkan kabarnya, sejumlah sejumlah tenaga medis yang bekerja di rumah sakit tersebut kini hanya dibayar per hari karena omset pendapatan rumah sakit menurun.

Kabar lain menyebut, rumah sakit swasta Pro Medika Pontianak juga gulung tikar karena tak ada pasien yang datang berobat. Bisnis pelayanan kesehatan tersebut katanya akan dirubah menjadi bisnis penginapan seperti hotel.

Selain itu, ada juga klinik bersalin yang terpaksa tidak beroperasi karena tidak memiliki Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medisnya.

Sepinya pasien yang berobat ke rumah sakit di satu sisi membuat sulit manajemen dan karyawan rumah sakit, namun di sisi lain hal ini merupakan tren positif dalam pencegahan menyebarnya pandemic Covid-19.

Pasalnya, pemerintah memang mengimbau masyarakat untuk tidak ke rumah sakit. Para dokter dan tenaga kesehatan pun disarankan untuk melakukan pelayanan pengobatan umum jarak jauh atau secara online lewat telemedicine untuk menghindari dampak penularan Covid-19.

Halaman Selanjutnya

loading...

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda