Potret post authorBob 14 Agustus 2022

Pertahankan Disertasi di Depan Sidang Promosi, Setyo Gunawan Raih Gelar Doktor ke-21 FEB Untan

Photo of Pertahankan Disertasi di Depan Sidang Promosi, Setyo Gunawan Raih Gelar Doktor ke-21 FEB Untan Pertahankan Disertasi di Depan Sidang Promosi, Setyo Gunawan Raih Gelar Doktor ke-21 FEB Untan

SETYO Gunawan, S.E, M.M, M.Si. tokoh olahraga dan politikus ternama di Kaliamantan Barat (Kalbar), meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen dari Universitas Tanjungpura (Untan) dengan predikat Sangat Memuaskan.

Pak Setyo sendiri, panggilan akrabnya, adalah salah seorang Mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN, yang cukup berprestasi, sehingga bisa lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Gelar tersebut sendiri diraih setelah Setyo berhasil mempertahankan disertasi yang berjudul Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Budaya Organisasi, Employee Engagement dan Quality Of Work Life Sebagai Variabel Mediasi Pada Credit Union di Kalimantan Barat.

Ia mempertahankannya dalam Sidang Promosi Doktor, yang dipimpin Dekan FEB Untan, Dr. Barkah, S.E, M.Si selaku Ketua Sidang.

Sidang Promosi Doktor itu berlangsung di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan, pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Sidang tersebut sendiri selain dipimpin oleh Dr. Barkah, S.E, M.Si didampingi juga oleh Sekretaris sidang Dr. Wenny Febrianti, S.E, M.Si Adapun Promotor dan Ko-Promotor sekaligus oponen dalam disertasi ini di antaranya Dr. Rizky Fauzan, S.E, M.Si dan Dr. M. Irfani Hendri, S.E, M.Si.

Dalam Sidang Promosi ini, turut hadir Guru Besar FEB Untan Prof. Dr. Eddy Suratman, S.E, M.Si bertindak selaku penguji dengan didampingi pula Ketua Penguji Dr. Titik Rosnani, S.E, M.Si, Ilzar Daud, S.E, M.Si, Ph.D, dan Dr. Maria Christiana Iman Kalis, S.E, M.M.

Namun, salah satu penguji dalam sidang promosi doktor ini, Prof. Dr. Djoko Setyadi, M.Sc dari Universitas Mulawarman berhalangan hadir secara langsung di ruang sidang sehingga kehadirannya hanya dilakukan melalui daring saja.

Ketika mempertahankan disertasinya di hadapan penguji, Setyo menjelaskan, hal penting yang harus diperhatikan dalam tata kelola Credit Union yaitu dengan membangun Kepemimpinan Transformasional pada para pemangku kepentingan di Credit Union.

Dalam sidang itu pula, Setyo juga turut menyampaikan bahwa ternyata dari hasil penelitian yang ia lakukan di 25 Credit Union di Kalimantan Barat, Pengaruh Kepemimpinan Transformasional sangat berpengaruh guna meningkatkan kinerja karyawan.

Selain itu, Setyo juga turut menambahkan dalam penelitiannya bahwa ini berarti kepemimpinan transformasional tidak hanya bisa diterapkan di Credit Union saja tapi juga diterapkan di lembaga-lembaga lain yang memiliki bawahan atau karyawan.

"Adapun pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap kinerja karyawan dengan Budaya Organisasi, Employee Engagement Dan Quality Of Work Life ternyata mampu memunculkan rasa keterikatan secara emosional antara karyawan dengan pekerjaan, serta dapat membuat karyawan dapat termotivasi untuk terus mampu memberikan kemampuan terbaik serta menemukan ide bagi kemajuan suatu Lembaga," katanya.

Lebih lanjut Setyo juga menyebut menjadi seorang doktor yang merupakan gelar pendidikan formal tertinggi bukan lah untuk menujukkan sikap sombong atau gagah-gagahan.

Karena lebih dari itu, dalam menempuh program doktoral adalah sebuah pengingat baginya agar tidak pernah berhenti untuk belajar. Serta diharapkan gelar ini menjadi motivasi bagi anak dan cucu nya kelak.

Lebih lanjut, Setyo secara pribadi berterima kasih kepada segenap tim pengajar Prodi Doktoral Ilmu Manajemen, serta tim promotor dan penguji disertasinya. Begitu juga dengan para segenap CEO serta pengurus Credit Union yang telah meluangkan waktu untuk membantunya dalam penelitian ini.

Tak lupa, setyo ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H, M.Si, FCBArb, Rektor Universitas Tanjungpura yang juga Ketua Pengprov Perbasi Kalimantan Barat, atas dukungannya selama menempuh studi doktor ilmu manajemen ini, dimana setyo sendiri adalah Sekretaris Prof. Garuda di Pengprov Perbasi Kalimantan Barat.

"Ucapan Terimakasih tak terhingga, kepada istri, Karitina Tritanto, S.E dan kedua anak saya, Ronald Anthony, S.H, M.Kn serta Kevin Aditya Gunawan, S.M atas dukungan dan doa yang diberikan selama ini," tuturnya.

"Selain untuk ilmu pengetahuan, saya berharap disertasinya bisa bermanfaat bagi para pemangku kepentingan di Credit Union. Harapan saya berharap penelitian bisa meningkatkan kinerja karyawan di Credit Union di Kalimantan Barat, Semoga," ujar Setyo.

Sejalan dengan itu dalam sidang promosi doktor ini, hasil penelitian Setyo tersebut mendapatkan apresiasi dari banyak kalangan, tidak terkecuali para pengujinya.

Salah satu penguji yang hadir dalam sidang, Dr. Maria Christiana Iman Kalis, S.E, M.M yang juga Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen FEB UNTAN menilai bahwa hasil disertasi setyo sangat menarik mengingat perkembangan Credit Union di Kalimantan Barat yang terus meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir.

“Pertama, selamat kepada promovendus Setyo Gunawan yang telah menghasilkan suatu disertasi yang mengungkap perkembangan Credit Union," ujar Dr. Maria Christiana Iman Kalis.

Kenapa Credit Union ini penting dan menarik untuk diteliti? lanjutnya, karena Credit Union sendiri di Kalimantan Barat sangat bertumbuh pesat beberapa tahun terakhir.

"dan jika kita melihat penelitian Promovendus Setyo Gunawan, maka kiranya hasil ini bisa diterapkan pada segenap pemangku kepentingan atau stakeholder yang ada di Credit Union agar bisa meningkatkan kinerja karyawan yang dimiliki," paparnya. (*)

 

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda