Sambas post authorKiwi 11 Oktober 2023

Peraih Hadiah Umrah OSO di Sambas Mulai Gelar Manasik, Panitia Berangkatkan Jemaah pada 16 Oktober 2023

Photo of Peraih Hadiah Umrah OSO di Sambas Mulai Gelar Manasik, Panitia Berangkatkan Jemaah pada 16 Oktober 2023

SAMBAS,  SP - 16 orang peraih hadiah umrah sdari Tokoh Nasional asal Kalimantan Barat (Kalbar), yang juga Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Ketum Partai Hanura), Dr. (H.C.) H. Oesman Sapta Odang (OSO), mulai menjalani persiapan keberangkatan.

Mereka adalah para peraih hadiah umrah saat digelarnya Pawai tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 H dan berlangsung di Masjid 1001 Kubah. Kini, mereka sudah melaksanakan persiapan berupa Manasik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Yayasan Sambas Raya Madani, Misni Safari, di mana jemaah tersebut rencananya akan berangkat dan melaksanakan ibadah umrah pada 16 Oktober 2023.

"Alhamdulillah, jemaah telah mendapatkan bimbingan ibadah dan manasik dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sambas, yaitu Bapak Ahadi, S.Sos. Manasik Umrah ini dipimpin langsung dari Ketua Panitia Pembangunan Masjid 1001 Kubah, Drs H Karlan," ungkap Misni Safari, kepada awak media.

Manasik tersebut dilaksanakan langsung di Kantor Pusat Pembangunan Masjid 1001 Kubah, Kabupaten Sambas.
"Panitia telah berkoordinasi dengan perwakilan Pak Oesman Sapta Odang untuk Manasik di Sambas. Alhamdulillah respon baik, bahkan koper dan perlengkapan umrah langsung dikirim ke Sambas," ucapnya.

Misni Safari juga menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya kepada Bapak Oesman Sapta, yang begitu dermawan memberikan hadiah umrah bagi peserta Pawai Taaruf Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 H di Masjid 1001 Kubah pada 19 Juli 2023.

"Semoga Pak OSO, selalu diberikan kesehatan dan kembali melaksanakan kegiatan melalui Masjid 1001 Kubah, serta mendukung percepatan Pembangun Masjid 1001 Kubah," papar Misni Safari.
Adapun ke-16 orang tersebut adalah Erwan Minggu, Dahlian Musni, Uray Erlini, Murida Thamrin Saleh, Saninah Laher Busri.

Lalu, ada Neni Marlina, Rahmawaty Ashad, Poa'di, Parbu'ah Marwi Silun, Anita Gimin, Maniah Hairani, Indrawati Darwan, M Ersa Pansurullah, Yanti, Ruslah, dan Atnah. 

Wisata Religi Warga Sanggau

Sebelumnya, ribuan masyarakat Kabupaten Sanggau yang mengikuti Jalan Sehat Kebangsaan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dan digelar oleh tokoh nasional Oesman Sapta Odang dengan start dan finish di lapangan Rawa Bakti Sanggau, Minggu (13/8/2023).

Kegiatan Jalan Sehat Kebangsaan Ini juga turut dihadiri Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Bupati Sanggau Paolus Hadi, serta tamu undangan lainnya.

Oesman Sapta Odang mengatakan jalan sehat ini dilakukan untuk merawat dan memperkuat kebersamaan, kerukunan serta toleransi meski berbeda suku dan agama terlebih menjelang pemilu tahun 2024 mendatang.

“Bahwa Indonesia sudah merdeka, rakyatnya juga sudah merdeka. Jadi jangan lagi kita di kotak-kotakkan oleh penjahat-penjahat politik yang memecah- belah anak-anak bangsa, terutama anak-anak daerah. Orang-orang daerah di sini menjadi satu kesatuan sebagai anak bangsa bukan bagi anak daerah. itu sebabnya saya berpesan bahwa kita satu yaitu orang Indonesia,”jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Jalan Sehat Kebangsaan Jhon Hendri menyampaikan bahwa pelaksanaan ini dalam rangka persatuan dihari Kemerdekaan dengan diikuti ribuan orang dari berbagai etnis dan agama.

“Itu terbukti dengan hadiah utamanya yaitu umrah bagi yang beragama Islam dan wisata rohani bagi yang beragama Kristen dan Katolik serta door prize lainnya,”pungkasnya.

Lima Warga di Singkawang

Tokoh Nasional asal Kalimantan Barat, Oesman Sapta Odang memberikan hadiah 5 paket Umroh kepada peserta Pawai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H yang dilaksanakan 19 Juli mendatang.

Hal itu dibenarkan Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro. Ia mengatakan Bapak Oesman Sapta Odang (OSO) akan memberikan hadiah 5 paket Umroh kepada peserta pawai 1 Muharram 1445 H di Kota Singkawang.

“Tadi sudah ada komunikasi dengan beliau. Dan atas nama Pemkot Singkawang beserta jajaran Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak OSO atas pemberian hadiah paket Umroh, semoga menjadi ladang amal kebaikan. Aamin,” kata Sumastro, Jumat (14/7/2023).

Sumastro mengungkapkan selain itu, pihaknya juga akan berpartisipasi memberikan hadiah/doorprize yang cukup bernilai dan menarik.

“Partisipasi dari saya dan jajaran Kepala OPD akan menyediakan hadiah menarik untuk peserta pawai nanti,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pawai 1 Muharram 1445 H di Kota Singkawang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) pada tanggal 19 Juli 2023 dengan titik start dan finish di depan Masjid Raya Singkawang.

Adapun rute yang akan dilalui saat pawai nanti, yaitu : Masjid Raya-Jl. Niaga-Jl. Budi Utomo-Jl. Kurau-Jl. Setia Budi-Jl. Sejahtera-Beringin Corner-Jl. P. Diponegoro-Jl. Yos Sudarso dan kembali ke Masjid Raya. (noi/dok)

Berita Terkait

Baca Juga

Komentar Anda